Jawab Aspirasi Umat Hindu yang Rindu Disapa dari Dekat, Rachmat Hidayat Hadiri Simakrama di Dua Lingkungan

Simakrama
Anggota DPR RI dari PDIP, H Rachmat Hidayat saat menghadiri Simakrama Umat Hindu di Kota Mataram, pada Ahad (4/2/2024).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Anggota DPR RI dari PDIP, H Rachmat Hidayat kembali menghadiri Simakrama Umat Hindu di Kota Mataram. Kali ini, Simakrama digelar pada Ahad  (4/2/2024), di Lingkungan Karang Tulamben, Kelurahan Cakranegara Timur, Kecamatan Cakranegara, dan di Lingkungan Baturujung Kelurahan Pagutan Barat, Kecamatan Mataram.

Ketua DPD PDIP NTB yang kembali mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dalam Pemilu 2024 tersebut disambut hangat dan meriah oleh masyarakat. Bahkan, di Karang Tulamben, secara khusus hadir masyarakat dari 13 banjar.

Simakrama PDIP tersebut dihadiri pula para ketua dari 13 Banjar, tokoh umat Hindu, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, dan anak-anak muda generasi milenial. Dalam kesempatan ini, turut hadir mendampingi Rachmat Hidayat, Anggota DPRD NTB dan DPRD Kota Mataram, I Made Slamet, I Gde Wiska dan I Wayan Wardana.

Didaulat untuk menyampaikan orasi dalam Simakrama tersebut, Rachmat Hidayat kembali menjelaskan bagaimana sejarah dan pertautan antara PDIP dengan masyarakat dari umat Hindu yang sudah terjalin dalam kurun waktu lebih dari lima dekade semenjak tahun 1973.

Rachmat Hidayat pun menuturkan bagaimana umat Hindu di NTB begitu mencintai PDIP. Rachmat Hidayat tahu persis hal tersebut, bahkan semenjak hari pertama dirinya bergabung dengan PDIP tahun 1977 lalu. Politisi senior NTB ini menceritakan bagaimana ketika orde baru (Orba) berkuasa dengan otoriter dan tidak bersahabat dengan partai di luar pemerintahan, masyarakat dari umat Hindu tetap berada di belakang PDIP dan memberikan dukungan yang tiada tara. ‘’Besarnya partai ini adalah sumbangsih yang luar biasa dari saudara-saudara kami dari kalangan umat Hindu,’’ kata Rachmat Hidayat.

Tokoh kharismatik Bumi Gora yang sudah 8 (delapan) periode menjadi anggota legislatif ini pun secara runut menuturkan satu per satu tokoh-tokoh dari kalangan umat Hindu yang bahu membahu untuk turut membesarkan PDIP di NTB dalam empat dekade terakhir. Terutama di Kota Mataram.

Dukungan dari umat Hindu di Kota Mataram itu pun kata Rachmat Hidayat tercermin dari komposisi Anggota DPRD Kota Mataram dari PDIP saat ini. Dari lima wakil rakyat dari PDIP, sebanyak 4 (empat) orang merupakan wakil dari umat Hindu.

Karena itu, Rachmat Hidayat pun mengingatkan kepada seluruh calon anggota legislatif (Caleg) dari Dapil Cakranegara dan juga Dapil Mataram, manakala mereka mendapat kepercayaan dari masyarakat umat Hindu untuk duduk di lembaga wakil rakyat, tak sekalipun mereka boleh lupa kepada masyarakat pemilihnya.

Rachmat Hidayat pun menyampaikan, bahwa 5 (lima) Anggota DPDR Kota Mataram dari PDIP yang kini sedang menjabat, ibarat sudah menjadi modal awal yang besar untuk masyarakat. Dengan dukungan dari umat Hindu, Rachmat Hidayat pun yakin, jumlah kursi keterwakilan masyarakat dari PDIP bisa bertambah dalam Pemilu 2024 ini di DPRD Kota Mataram.

Rachmat Hidayat melanjutkan, menjadi komitmen para Caleg dari PDIP di Kota Mataram untuk berkontribusi dalam menyiapkan Tanah Pelaba untuk pura. Menyiapkan diri untuk membantu Banjar dan juga aktivitas masyarakat dari kalangan umat Hindu. ‘’Kalau bapak ibu ingin Tanah Pelaba semakin ditingkatkan, maka jalan terbaiknya adalah memperbanyak wakil bapak ibu dari PDIP. Semakin banyak wakil bapak ibu, maka bapak ibu semakin sejahtera,’’ ujar Rachmat Hidayat.

Dalam Simakrama yang juga menjadi ajang untuk menyerap aspirasi bagi Rachmat Hidayat dalam kapasitasnya sebagai Anggota DPR RI, digelar dialog secara langsung. Di Kelurahan Cakranegara Timur, muncul sejumlah aspirasi dari masyarakat. Di antaranya, ada masyarakat yang ingin berjumpa dengan Rachmat Hidayat secara langsung dengan mereka dikunjungi di lingkungannya masing-masing.

Terhadap hal tersebut, Rachmat Hidayat menegaskan kesiapannya. Politisi senior Bumi Gora tersebut mengungkapkan, menjadi komitmen dirinya untuk menemui masyarakat. Sebab, tugas Anggota DPR RI bukan selesai di gedung parlemen, namun harus pula berada di tengah-tengah masyarakat. ‘’Setiap pertemuan dengan masyarakat itu adalah kesempatan emas untuk memastikan wujud kehadiran nyata kita bagi mereka,’’ ucap Rachmat Hidayat.

Di tempat yang sama, mengemuka pula aspirasi masyarakat yang menyampaikan kondisi infrastruktur di lingkungan mereka. Misalnya ada masyarakat yang menginginkan ada pembenahan saluran air di lingkungan mereka yang selama ini menjadi biang keladi terjadinya banjir setiap musim hujan, akibat salah penanganan dan treatment. Terhadap hal ini, Rachmat Hidayat memerintahkan agar Anggota DPRD dari PDIP di DPRD Kota Mataram menindaklanjuti hal tersebut sesegera mungkin.

Sementara itu, dalam Simakrama di Kelurahan Pagutan Barat, didominasi kehadiran ibu-ibu. Rachmat Hidayat pun memberi apresiasi terhadap kehadiran mereka secara langsung. Dalam kesempatan tersebut, ibu-ibu tersebut menyampaikan sejumlah aspirasi kepada Rachmat Hidayat. Antara lain yang mereka usulkan adalah pentingnya bantuan permodalan untuk menopang usaha-usaha mikro milik mereka.

Rachmat Hidayat pun menegaskan kesanggupannya terhadap hal tersebut. Di banyak daerah di Pulau Lombok, sebelumnya Rachmat Hidayat memang telah menyalurkan sejumlah bantuan modal tunai untuk usaha produktif. Hal yang mana juga akan menyasar masyarakat di Kota Mataram.

Rachmat Hidayat pun pada kesempatan tersebut mengingatkan agar ibu-ibu tersebut datang ke bilik suara untuk menyalurkan suaranya dalam Pemilu 14 Februari 2024 nanti. ‘’Ibu-Ibu jangan Golput ya…,” ucap Rachmat Hidayat yang disambut koor kesanggupan para ibu-ibu tersebut.

Rachmat Hidayat juga menyampaikan, pentingnya program untuk membuat para perempuan berdaya. Karena itu, selain bantuan modal usaha, para kaum perempuan juga akan disiapkan pelatihan-pelatihan. Dengan begitu, berbekal pengetahuan dari pelatihan-pelatihan tersebut, usaha mereka bisa naik kelas.

Baik di Kelurahan Cakranegara Timur maupun Kelurahan Pagutan Barat, Rachmat Hidayat pun memberikan bantuan untuk Banjar-Banjar dan Pura. Bantuan untuk modal usaha mikro yang dikelola warga juga turut disalurkan pada saat yang sama. ‘’PDIP hadir untuk menyejahterakan dan mendukung kehidupan umat,’’ kata Rachmat Hidayat menekankan.(Sid)