Pj Bupati Lotim Sebut PPS Ujung Tombak Suksesnya Pilkada

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur menggelar pengambilan sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kegiatan yang berlangsung pada Ahad (26/6/2024) di Lapangan Nasional tersebut, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik; Jajaran Forkopimda, Komisioner KPU Lombok Timur, Anggota KPU Provinsi NTB, dan 63 PPK serta 762 anggota PPS terpilih.

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik menyebut PPS merupakan ujung tombak kesuksesan penyelenggaraan Pilkada. Meyakini tekanan Pilkada yang relatif lebih berat dibanding Pemilu legislatif dan Presiden beberapa waktu lalu. Juaini Taofik mengingatkan agar seluruh anggota PPS dapat memahami regulasi. Dengan demikian PPS dapat memberikan pelayanan berkeadilan.

Keadilan, ungkapnya, juga terkait erat dengan komunikasi, kekompakan, dan kebersamaan serta saling menghargai antar semua unsur yang terlibat. ‘’Tim kerja yang baik adalah yang saling menghargai,’’ pesannya.

Selain golput, potensi pelanggaran seperti pemilih yang memberikan suara lebih dari satu kali juga diingatkan Pj Bupati harus menjadi perhatian.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi NTB, Halidy yang hadir pula pada kesempatan itu menyampaikan agar PPS dapat segera bekerja. Salah satunya adalah melakukan pemetaan TPS. Pemetaan tersebut penting karena berimplikasi terhadap penetapan jumlah petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Sesuai jadwal, perekrutan Pantarlih dimulai pada 5 Juni 2024 mendatang.

Ayah tiga orang anak itu menutup sambutan dengan harapan seluruh penyelenggara Pemilu di Lombok Timur dapat mempertahankan prestasi pada Pemilu Presiden dan Legislatif lalu, di mana tidak ada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). ‘’Kita harapkan pada Pemilukada serentak nanti juga tidak ada PHPU,’’ harapnya.(Kml)