Amanahkan Pilar AM Health, Astra Group Dukung Penurunan Angka Stunting di Mataram

Astra Group Menyerahkan Bantuan
Astra Group melalui Astra Motor NTB saat turun langsung menyerahkan bantuan ke masyarakat tepatnya di Posyandu Cempaka Merah Lingkungan Batuaya, Kelurahan Cakranegara Selatan, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, pada Selasa 13 Agustus 2024.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Program Pemerintah saat ini memprioritaskan Posyandu menyasar anak-anak usia 0-2 tahun untuk program pencegahan stunting, dalam hal ini Astra Motor NTB bersama Astra Group lainnya turut andil dalam pencegahan stunting dengan bekerja sama dengan pemerintah setempat dan Posyandu setempat.

Astra sendiri memiliki 4 pilar aktivitas sosial yaitu AM Health, AM Smart, AM Greeners, dan AM Growth. Dalam mewujudkannya Astra Group turut terlibat dalam menurunkan angka stunting, hal ini terlihat dari aksi yang dilakukan oleh Astra Group melalui Astra Motor NTB turun langsung ke masyarakat tepatnya di Posyandu Cempaka Merah Lingkungan Batuaya, Kelurahan Cakranegara Selatan, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, pada Selasa 13 Agustus 2024 lalu. Sebanyak 55 anak menerima bantuan dalam kegiatan ini.

Ivan Pratama selaku Admin Finance Manager Astra Motor NTB mengatakan, Astra Motor NTB bersama 7 Astra Group lainnya datang ke Posyandu Cempaka Merah untuk ikut mendukung penurunan angka stunting melalui bantuan makanan tambahan siap olah.

‘’Ada sebanyak 55 paket yang berisikan telur, tempe, tahu, sayuran dan susu yang dibagikan untuk warga yang datang ke posyandu. Harapannya aksi sederhana kami ini dapat menurunkan angka stunting yang masih ada di wilayah tersebut,’’ ujar Ivan.

Ivan menjelaskan, program bantuan untuk penurunan stunting di NTB ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, terutama di ring satu area wilayah beroperasinya Astra Motor NTB. Melalui data stunting yang diperoleh dari Puskesmas dan Posyandu, Ivan berharap bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Made Ariana selaku perwakilan dari Pemerintah Kelurahan sangat mengapresiasi partisipasi yang dilakukan oleh Astra Group dalam menuntaskan angka stunting yang ada di lingkungannya. ‘’Terima kasih Astra, semoga aksi nyata dan positif ini dapat ditiru oleh perusahaan lainnya. Di wilayah kami di Kelurahan Cakranegara Selatan terdapat 10 Posyandu, sebelumnya jumlah stunting sebanyak 49 orang dan sudah menurun menjadi 23 orang, semoga setelah ini angka stunting bisa ditekan lagi menjadi 0. Pihak Posyandu akan terus berupaya keras juga tentunya sangat terbuka jika ada aksi sosial seperti yang dilakukan oleh Astra ini,’’ ucap Made.

Aktivitas lainnya di Posyandu Cempaka Merah yaitu pemeriksaan ibu hamil, penimbangan balita juga pemberian tetes PIN Polio kepada balita.(Sid)