Astra Motor NTB Dukung UMKM Lewat Branding dan Pemasaran

Astra Motor NTB
Astra Motor NTB melalui tim Public Relationnya bersama puluhan jurnalis media cetak dan media online berkunjung ke salah satu UMKM, tepatnya di Lingkungan Karang Baru Mataram.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Astra Motor NTB menjadi salah satu perusahaan yang tetap konsen dan fokus dalam kegiatan berkelanjutan bersama masyarakat di NTB, khususnya di Pulau Lombok.

Dengan berdasar pada 4 pilar utama dalam melakukan kegiatan CSR ini yaitu pilar lingkungan, pilar pendidikan, pilar kewirausahaan, dan pilar kesehatan. Astra Motor NTB turut menggandeng jaringannya agar mau aktif dan juga peduli pada lingkungan sekitar.

Belum lama ini, aktivitas berbagi pada Posyandu dilakukan oleh Astra Motor Brawijaya ini masuk pada kategori pilar kesehatan dan aktivitas teranyar, Astra Motor Ampenan melakukan kunjungan ke salah satu UMKM binaannya UD. Ares yang terdapat di kota Mataram. Ada juga UMKM kerupuk telor asin, UMKM keripik beleleng dan masih banyak lainnya.

‘’Astra Motor yang merupakan bagian dari divisi bisnis Astra International turut serta dalam mensukseskan bentuk kepeludian terhadap masyarakat, sosial dan lingkingan. Kegiatan CSR yang Astra Motor NTB lakukan bersama dengan jaringan retail kami tentunya in-line dengan misi perusahaan kami, yaitu ‘’Memberikan Nilai Tambah bagi para stakeholders. Menjadi perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan ramah lingkungan’’. Dalam mewujudkannya, kami mentransfer semangat saling membangun negeri melalui 4 pilar utama yang menganut dari mother group company Astra International. Dengan AM Greeners sebagai pilar lingkungan, AM Smart sebagai pilar pendidikan, AM Growth sebagai pilar kewirausahaan, dan AM Health sebagai pilar kesehatan,’’ jelas Jeffry Mei Gamastra selaku Kepala Wilayah Astra Motor NTB.

Memanfaatkan moment HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indoesia (RI), Astra Motor NTB menggandeng puluhan jurnalis media cetak dan media online untuk bersilaturahmi sekaligus menggelar aktivitas menarik dengan menggelar Touring Kemerdekaan Pers. Tak hanya sekadar touring, namun Astra Motor NTB melalui tim Public Relationnya berkunjung ke salah satu UMKM, tepatnya di Lingkungan Karang Baru Mataram. UMKM binaan Astra Motor ini merupakan program dari Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendukung dan membantu UMKM di NTB dalam hal kemasan, promosi dan bahan baku agar usaha mereka meningkat dan bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Branch Head Astra Motor Ampenan, Arif Apriliawan mengatakan, Honda datang ke UD. Ares di awal tahun 2024 untuk membantu kemasan dan promosi produk. Alasan Astra Motor menjadikan UD. Ares sebagai binaan mengingat di  Astra Motor Ampenan yang datang service motor kurang lebih 70 motor perhari, dalam sebulan bisa sampai 2000 konsumen.

Dan Astra Motor Ampenan sendiri memang sengaja menyiapkan wadah atau etalase untuk penyediaan produk UMKM binaan Astra Motor Ampenan selain produk dari UD. Ares.

Kata Arif, saat ini produk UD. Ares baru hanya ada di Astra Motor Ampenan, setiap satu minggu sekali produk UD Ares dipesan sebanyak 20 sampai 30 bungkus untuk dua jenis varian yakni keripik jagung dan rumput laut. Sedangkan saat pemesanan, Arif menandaskan Astra Motor Ampenan pesan prodak ke UD. Ares dalam bentuk tidak ada label dalam kemasan, nantinya Astra Motor sendiri yang akan menempelkan label kemasan dengan mencantumkan nama, alamat dan nomor kontak UD Ares dan Branding Astra Motor NTB.

Astra Motor NTB sebagian bagian dari perusahaan otomotif raksasa, Astra Motor NTB yang sangat konsen mendukung pengembangan UMKM. Melalui jaringannya, Astra Motor Ampenan, sejak tahun 2024 ini membantu pendampingan mengembangan UD. Ares. Pendampingan dan bantuan diberikan dalam bentuk pemenuhan standar kemasan produk, memperkuat branding, hingga pemasaran.

Menurut Arif, selain pendampingan, dari sisi pemasaran, Astra Motor menyediakan rak khusus untuk display produk yang ditempatkan cukup strategis dengan konsumen yang datang ke dealer Astra Motor Ampenan. ‘’Setiap bulan ada ribuan kunjungan konsumen. Baik yang membeli sepeda motor Honda, atau yang service. Biasanya cemilan UD. Ares di pajangan cukup laku. Bahkan kami di Astra Motor juga merekomendasikan kepada semua stakeholders untuk membeli oleh-oleh UD. Ares salah satunya,’’ ujar Arif.(Sid)