Pengurus Baru YAKOBARENG NTB Periode 2024–2027 Resmi Dikukuhkan

YAKOBARENG NTB Periode 2024–2027
Pose bersama usai pengukuhan YAKOBARENG NTB Periode 2024–2027.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Pemerintahan, Hukum dan Pelayanan Publik, H Yusron Hadi mewakili Penjabat(Pj) Gubernur NTB, Mayjen TNI (Purn) Dr Hassanudin secara resmi mengukukan pengurus baru Yayasan Bina Kerja Gotong Royong Lambang Bireng (YAKOBARENG) periode 2024–2027, di Aula Kantor Camat Jerowaru, Ahad (15/9/2024).

Dalam laporannya, Ketua Dewan Pembina YAKOBARENG NTB, Lalu Purnamardanus menyampaikan bahwa keberadaan yayasan ini sesungguhnya diilhami oleh kumpulan tokoh-tokoh muda selatan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi sosial.

Disampaikan, kelompok ini telah memulai kegiatan sosial di beberapa desa di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) dan Lombok Tengah (Loteng) sejak tahun 2009 lalu. Di antaranya, memberikan santunan kepada anak yatim/anak telantar, orang tua jompo, dan termasuk membangun/rehabilitasi tempat ibadah.

Belum lama ini juga telah merenovasi makam Almagfurullah TGH Mutawalli Yahya Alkalimi, Jerowaru. Semua kegiatannya yayasan ini bersumber dari murni swadaya masyarakat dan anggota.

Lalu Purnamardanus menuturkan atas dasar berbagai kegiatan tersebut, kelompoknya bersepakat untuk menghimpun diri menjadi sebuah lembaga formal dalam bentuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) bernama Yayasan Bina Kerja Gotong Royong Lambang Bireng (YAKOBARENG). Untuk pertama kali ditunjuk sebagai ketua adalah Lalu Denune Kulli Elhaq.

Camat Jerowaru, Kamaruddin, S.Sos berkesempatan memberikan sambutan pada acara tersebut menyampaikan apresiasi atas berdirinya lembaga ini. Menurutnya, keberadaan lembaga sosial sangat penting dan dibutuhkan oleh mayarakat. Terbukti, sudah banyak kegiatan sosial yang dilaksanakan. Untuk itu, Camat Keruak mengucapkan selamat atas berdirinya yayasan ini.

Sementara itu, Pj Gubernur NTB, Hassanudin yang diwakili Staf Ahli Gubernur NTB Bidang Pemerintahan, Hukum dan Pelayanan Publik, H Yusron Hadi juga menyatakan selamat dan sukses atas berdirinya lembaga ini. Menurutnya, pembangunan tidak hanya tugas pemerintah, namun juga membutuhkan peran serta masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti ini sangat dibutuhkan sebagai subjek pembangunan terutama pembangunan manusia.

Untuk itu, Yusron Hadi berpesan agar keberadaan lembaga ini yang sudah resmi berbadan hukum untuk terus menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, tak hanya dengan pemerintah, namun juga dengan berbagai pihak lembaga-lembaga funding yang memiliki kepedulian yang sama.

Senada dengan itu, Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik yang diwakili Sekretaris Bakesbangpoldagri Kabupaten Lotim, M Yusri juga menyampaikan kepada yayasan ini agar tetap semangat dan sukses dalam berkarya membangun umat. Hal lain Yusri menyinggung terkait dalam menyongsong Pilkada serentak 2024, agar sama-sama mengawal dan menyukseskan Pilkada baik Gubernur maupun Bupati/Wali Kota se-NTB.(Kml)