TTG Percepat Pembangunan Daerah

TTG: Suasana pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XV, di Bencingah Agung Lombok Barat, Selasa pagi (25/4).

LOBAR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kreatifitas warga berinovasi untuk menemukan Teknologi Tepat Guna (TTG), terus mendapatkan perhatian pemerintah dengan mengadakan Gelar TTG. Sebab, dengan semakin banyak dan meningkatnya temuan teknologi yang bermanfaat tersebut, sekaligus akan  mempercepat laju pembangunan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

TTG: Suasana pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XV, di Bencingah Agung Lombok Barat, Selasa pagi (25/4).

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin saat membuka Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XV, di Bencingah Agung Lombok Barat, Selasa pagi (25/4).

Ditegaskannya, Pemerintah Provinsi NTB sejak tahun 2000 lalu, telah menggalakkan Gelar TTG setiap tahunnya, mengingat banyak teknologi yang dihasilkan dapat memberikan nilai lebih dan memudahkan aktifitas masyarakat. ‘’Gelaran Teknologi Tepat Guna (TTG) hendaknya dapat semakin menggugah dan menginspirasi kita semua untuk terus dan terus melakukan inovasi,’’ kata Wagub.

Putra kelahiran Sumbawa ini juga menyampaikan, Gelar TTG ini dapat mendorong munculnya jiwa-jiwa kreatif di tengah-tengah masyarakat untuk berkarya menghasilkan model-model peralatan kerja sederhana guna mendukung aktivitas usahanya sehari-hari.

Selanjutnya, Wagub menugaskan kepada SKPD terkait untuk melakukan pendampingan dalam pengembangan teknologi sampai pengurusan hak kekayaan intelektual (haki) agar betul-betul siap dimanfaatkan oleh pemerintah dengan masyarakat luas.

Pelaksanaan gelar TTG ke-XV kali ini mengusung tema ‘’Ayo Lanjutkan Inovasi Untuk Berprestasi Melalui Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XV dengan menampilkan 10 inovasi terbaik dari masing-masing kabupaten/kota se-NTB’’.

Lomba cipta TTG yang ditampilkan merupakan produk TTG yang berdomisili di NTB, TTG yang belum pernah meraih prestasi di tahun-tahun sebelumnya, dan bukan replica dari TTG yang pernah ada. Gelar TTG ke-XV akan berlangsung dari 25-27 April 2017.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid juga menyampaikan harapannya agar kedepan apa yang sudah berhasil diciptakan saat ini, bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat. ‘’Mudah-mudahan kedepan teknologi sederhana bisa dikembangkan lagi keteknologi yang bersifat modern dan member manfaat bagi masyarakat kita,’’ katanya.(ar/wan/bul/ltd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *