Aplikasi Goers Hadir Untuk Permudah Pemesan Tiket

Direktur Operasi (COO) Goers, Niki Tsuraya Yaumi.
Direktur Operasi (COO) Goers, Niki Tsuraya Yaumi.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) bekerja sama dengan Kementerian Desa PDTT akhirnya meresmikan 99 desa wisata. Yang mana pada desa wisata tersebut tersedia berbagai kuliner, kerajinan tangan maupun kesenian khas NTB.

Untuk mengunjungi desa wisata tersebut tentunya ada tiket masuk, selain bisa membayar di lokasi ada juga cara termudah yaitu dengan menggunakan aplikasi Goers untuk mempermudah pemesanan tiket.

Aplikasi Goers dikhususkan untuk paket pariwisata, pemesanan tiket event, film, tempat atraksi dan hiburan lainnya. Aplikasi tersebut telah tersedia di Google Play Store atau di App Store. Dan hari ini aplikasi tersebut dikenalkan secara langsug pada acara peluncuran desa wisata di Hotel Lombok Raya Mataram. Hadir dalam peresmian tersebut Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah.

Direktur Operasi (COO) Goers, Niki Tsuraya Yaumi, mengatakan sebagai proyek percontohan telah terdaftar dua desa wisata di Goers. Desa tersebut yakni Desa Sesaot, Kecamatan Narmda, Kabupaten Lombok Barat dan Dusun Ende, Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

‘’Kami berpartisipasi bersama Kementerian Desa PDTT untuk mendukung program e-ticketing desa wisata. Kami sudah melakukan pilot projects beberapa desa wisata,’’ katanya.

Suasana peluncuran desa wisata di Hotel Lombok Raya Mataram.

Melalui aplikasi tersebut, pencatatan pengunjung dapat dilakukan di tempat dan semua laporan dapat diakses secara real time oleh pemerintah pusat. Niki menjelaskan, jika telah mengunjungi desa wisata tersebut, pengunjung akan melakukan registrasi di lokasi, sehingga dapat mengetahui secara jelas jumlah kunjungan maupun total pembelian tiket yang diterima desa wisata tersebut. ‘’Hal ini menjadi laporan komperhensif bagi kepala desa, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat di kementerian,’’ ujarnya.

Aplikasi tersebut telah diinput 25 kota di Indonesia, yang tentunya memiliki destinasi wisata dan hiburan lainnya. Ke depannya, semua desa wisata di NTB akan ditambahkan pada aplikasi tersebut.

Tentunya, dengan aplikasi ini bisa mempermudah calon pengunjung sebelum mengunjungi desa wisata, akan diperkenalkan dahulu keunikan desa wisata melalui aplikasi.

‘’Dahulu mekanisme melalui buku, kini secara digital dan bisa diakses secara real time.Sudah banyak desa wisata tercover internet. Jika belum akan dikoordinasikan dengan Kominfo,’’ katanya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *