Ratna Dewi Nahkodai PWI Lotim 2020-2023

Suasana Konferensi PWI Lotim tahun 2020 di Rempung, Kecamatan Peringgasela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Sabtu (28/3).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tahun 2020 yang digelar di Rempung, Kecamatan Peringgasela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), Sabtu (28/3), menetapkan dan mengukuhkan Pengurus PWI Lombok Timur periode 2020-2023.

Di mana, Ketua PWI Lombok Timur dijabat oleh Ratna Dewi, Wakil Ketua dijabat Widianto, Sekretaris dijabat Hasanah Efendy dan Bendahara dijabat Jalaludin. Pemilihan Pengurus PWI Lombok Timur yang dihadiri langsung Ketua PWI NTB, H Nasrudin serta sejumlah pejabat Pemda Lombok Timur itu, dilakukan dengan pemungutan suara.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Lombok Timur, Iswan Rakhmadi dalam membuka  kegiatan Konferensi PWI Lombok Timur mengatakan, jurnalis memiliki kekuatan dan peran penting dalam jalannya pemerintahan. Bahkan, Pers merupakan pilar keempat demokrasi yang diharapkan mampu memberikan informasi berimbang, terutama di tengah ancaman penyebaran Virus Corona (Covid-19).

‘’Saya sangat berbahagia terdapat kepengurusan tetap PWI Lombok Timur. Melalui para jurnalis dapat memberikan gambaran upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam menghambat penyebaran Covid-19 di Lombok Timur, termasuk menggambarkan bahwa Lombok Timur yang saat ini zona merah  Covid-19 masih dalam keadaan aman,’’ kata Iswan Rahkmadi.

Di tempat yang sama, Ketua PWI NTB, H Nasrudin dalam sambutannya mengajak wartawan di Kabupaten Lombok Timur agar menjaga keselamatan dalam menjalankan tugasnya di tengah ancaman penyebaran Virus Corona. Di samping itu, tetap menjunjung kode etik dalam membuat sebuah berita.

‘’Kita saling mengingatkan agar tidak panik di tengah ancaman penyebaran Virus Corona, sudut pandang dalam membuat berita juga harus dikaji agar dapat mengedukasi masyarakat menghindari penyebaran Virus Corona,’’ kata H Nasrudin.

H Nasrudin yang juga merupakan wartawan senior NTB berharap PWI Lombok Timur dapat menjadi percontohan bagi PWI di daerah lainnya di NTB. Pengurus yang baru dikukuhkan diharapkan juga dapat membawa organisasi ke arah yang lebih baik serta menjalin kerja sama dengan Pemerintah Daerah  dalam upaya memperkuat dan memperkokoh keberadaan PWI.

Sementara itu, Ketua PWI Lombok Timur terpilih, Ratna Dewi berharap organisasi PWI khususnya di Kabupaten Lombok Timur dapat terus berkembang. PWI Lombok Timur juga tidak menutup diri kepada para jurnalis potensial lainnya untuk bergabung menjadi anggota baru guna bersama-sama membangun PWI termasuk membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah setempat.

‘’PWI Lombok Timur akan membangun sinergitas dengan Pemerintah Daerah Lombok Timur, bila perlu PWI sebagai inisiator memfasilitasi teman-teman yang belum melakukan uji kompetensi wartawan (UKW). Hal tersebut akan menjadi tantangan bagi pengurus baru PWI Lombok Timur ke depan,’’ katanya.

Ratna Dewi yang sebelumnya juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI Lombok Timur mengaku sejumlah agenda telah dilaksanakan, di antaranya; Kenfercab PWI NTB, melakukan konsolidasi organisasi, serta saat ini membentuk Pengurus PWI Lombok Timur definitif. ‘’Apa yang diikhtiarkan dalam membentuk kepengurusan baru diharapkan dapat menjadi spirit baru bagi anggota PWI lainnya  sebagai media informasi bagi masyarakat dan menghindari berita hoax,’’ ujarnya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply