Enam RSUD di NTB Dapat Bantuan APD Satgas DPR RI

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi NTB, Sambirang Ahmadi.
Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi NTB, Sambirang Ahmadi.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sebanyak 6 (enam) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Provinsi NTB mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Satgas DPRI dan DPRD NTB. Sejak tiba hari Minggu (3/5) lalu, Satgas tersebut langsung bagi tugas untuk pendistribusiannya ke-6 sasaran rumah sakit. Di antaranya; empat (4) rumah sakit di Pulau Lombok dan dua (2) di Pulau Sumbawa.

Di Pulau Lombok,  bantuan tersebut diarahkan ke RSUD Provinsi NTB di Mataram, RSUD dr R Soedjono Selong Lombok Timur (Lotim), RSUD Patut Patuh Patju Lombok Barat (Lobar), dan RSUD Praya Lombok Tengah (Lobar). Sedangkan di Pulau Sumbawa akan diserahkan ke RSUD HL Manambai Abdulkadir Sumbawa dan RSUD Kabupaten Bima.

Untuk diketahui, sebagaimana diberitakan sebelumnya, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI melalui Satgas Lawan Covid-19 DPRD NTB menyalurkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk 6 (enam) rumah sakit di Provinsi NTB itu dalam membantu tenaga medis memerangi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Koordinator Satgas Covid-19 DPRD NTB, Sambirang Ahmadi mengatakan, sejak dilaunching beberapa waktu lalu, pihaknya telah melakukan kunjungan ke sejumlah rumah sakit rujukan dalam rangka pengawasan kesiapan dan proses penanganan pasien Covid-19.

Ternyata, kata dia, ditemukan rata-rata rumah sakit mengkhawatirkan keterbatasan APD dan penunjang lainnya yang mereka miliki, sementara grafik positif Covid-19 di NTB terus meningkat. ‘’Kondisi inlah yang kami laporkan ke Satgasnas (Satgas Nasional) DPR RI. Alhamdulillah, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI langsung merespon dan mendrop bantuannya sejumlah 6 box yang terdiri-dari baju APD sebanyak 300, kaca mata googles 120, masker medis 6.000, dan alat Rapid Test 150,’’ katanya.

Menurut Sambirang, bantuan Satgas DPR RI tiba hari Ahad (3/5) lalu dan Senin langsung bagi tugas untuk pendistribusiannya ke 6 sasaran rumah sakit. Di antaranya empat (4) rumah sakit di Pulau Lombok dan dua (2) di Pulau Sumbawa.

Di mana, di Lombok sendiri lanjut Anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-KSB itu, telah disepakati ke RSUD Provinsi NTB di Mataram, RSUD dr R Soedjono Selong Lotim, RSUD Patut Patuh Patju Lobar, dan RSUD Praya Loteng. ‘’Yang sudah disalurkan itu baru tiga rumah sakit, yaitu RSUD NTB, RSUD dr R Soejono Selong Lotim dan RSUD Praya Loteng. Untuk yang lainnya menyusul,’’ ujarnya.

Sambirang menambahkan, yang sudah dilakukan penyerahan pada hari Senin, adalah penyerahan bantuan ke RSU Provinsi NTB di Mataram yang dipimpin TGH Mahally Fikri dan ke RSUD Praya Loteng dipimpin Lalu Satriawandi. Hari Selasa dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD dr R Soejono Selong Lotim yang dipimpin Abdul Hadi dan pada Rabu (6/5) dilanjutkan penyerahan bantuan ke RSUD Patut Patuh Patju Lobar yang dipimpin Hasbullah Muis.

‘’Sedangkan untuk penyerahan bantuan ke Kabupaten Bima akan dipimpin Mori Hanafi, sedangkan ke RSUD HL Manambai Abdulkadir Sumbawa akan dipimpin saya sendiri. Kami berterima kasih kepada Satgas Lawan Covid-19 DPR RI yang peduli dan responsif terhadap aspirasi kami di daerah. Semoga kita juga tetap mendapatkan droping bantuan tahap berikutnya, karena semua rumah sakit baik yang rujukan utama maupun yang second line telah melakukan register permohonan bantuan ke satgas pusat,’’ ucap pria yang kerap disapa Ustadz Sambirang ini.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *