NTB Care sebagai Wujud Keterbukaan Informasi Publik

ki pusat
Ketua Bidang Kelembagaan Komisi Informasi (KI) Pusat, Cecep Suryadi (tiga dari kanan) saling tukar cinderamata dengan Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah (tiga dari kiri).

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Komisi Informasi (KI) Pusat melalui Ketua Bidang Kelembagaan, Cecep Suryadi mengapresiasi aplikasi NTB Care yang telah digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

Cecep mengakui bahwa hadirnya kanal aduan NTB Care telah memudahkan masyarakat untuk menyampaikan berbagai keluhan dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Demikian juga dari sisi pemerintah, berbagai aduan terkait persoalan-persoalan yang terjadi dan menghambat pertumbuhan pembangunan, akan bisa dengan cepat dikelola dan direspon untuk segera ditindaklanjuti. Inilah bentuk dan manfaat dari keterbukaan informasi publik.

‘’Kami mengapresiasi berbagai inovasi yang telah dihadirkan Pemerintah Provinsi NTB. Salah satunya NTB Care yang mampu memberikan kesempatan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan secara cepat dan tepat,’’ kata Cecep saat menyampaikan berbagai masukan terkait penguatan kapasitas Komisi Informasi Provinsi NTB kepada Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah, yang berlangsung di Pendopo Wagub NTB, Jumat (11/6).

Sementara itu, Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengungkapkan bahwa kehadiran NTB Care merupakan bentuk keterbukaan akses informasi kepada masyarakat. ‘’Kita ingin agar masyarakat dan pemerintah tidak tersekat. Artinya, ketika masyarakat menyampaikan segala sesuatu, baik itu informasi, masukan, keluh kesah, dapat dilakukan dengan mudah. Begitu juga dengan pemerintah, terus berupaya untuk dapat hadir di tengah masyarakat dengan cepat dan mudah, sehingga diusung aplikasi NTB Care,’’ kata Wagub.

Wagub mengatakan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, butuh sinergitas dengan berbagai stakeholders termasuk masyarakat. Di lain sisi, masyarakat juga harus memahami berbagai program kerja yang dilakukan pemerintah, agar dapat ikut serta dalam membantu pemerintah. Oleh karena itu, penting bagi setiap badan publik untuk bisa menghadirkan akses informasi yang seluas-luasnya bagi masyarakat melalui berbagai macam kanal informasi, termasuk salah satunya melalui media sosial.

‘’Membuat masyarakat untuk paham terhadap apa yang sedang kita lakukan, dapat dilakukan dengan cara menyampaikan informasi secara cepat dan tepat dengan berbagai cara inovatif melalui berbagai sosial media yang tersedia,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *