Ini Pertama Kali IKFI Lotim Selenggarakan Musabaqah Hifzil Qur’an

IKFI Lotim
Suasana pembukaan Musabaqah Hifzil Qur'an (MHQ) yang diselenggarakan oleh Ikatan Hafiz/Hafizah (IKFI) Kabupaten Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sejak dibentuk beberapa bulan lalu, Ikatan Hafiz/Hafizah (IKFI) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) langsung menyelenggarakan Musabaqah Hifzil Qur’an (MHQ). Seluruh peserta musabaqah berasal dari lembaga-lembaga tahfiz Lombok Timur.

Sekretaris Forum Kerja Sama Pondok Pesantren (FKSPP) Kabupaten Lombok Timur, TGH Ruslan Gunawan mengatakan, musabaqah hifzil qur’an ini berlangsung sejak tanggal 22 hingga 29 Agustus 2021 dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Dia’ul Fiqri Desa Sukarara, Kecamatan Sakra Barat. Dan musabaqah hifzil qur’an tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy.

Pimpinan Ponpes Dia’ul Fiqri sekaligus selaku tuan rumah penyelenggara menjelaskan bahwa antusias berbagai lembaga madrasah atau lembaga tahfiz di Lotim yang mengikuti lomba ini sangat tinggi. Terbukti sesuai data di pihak kepanitiaan, tercatat sebanyak 1.025 peserta yang berasal dari 130 lebih Lembaga/TPQ maupun Ponpes/Sekolah dan lain-lainnya telah mendaftar.

Adapun cabang-cabang yang lombakan, di antaranya; Golongan 1 Juz untuk tingkat SD/MI, golongan 1 Juz untuk tingkat SLTP, golongan 5 Juz untuk tingkat SLTA, golongan 10, 20 & 30 Juz untuk umum. Kelompok mata tingkatan lomba terbagi dalam 5 majelis perhakiman.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19, lanjut alumni Al-Azhar Kairo-Mesir ini, pihak IKHI berikhtiar melalui gelaran lomba hifzil qur’an ini, diharapkan musibah yang melanda negeri dapat segera berakhir. ‘’Kita berharap dengan mensyi’arkan Al-Qur’an melalui musabaqah hifzil qur’an, Allah segera mengangkat wabah dan semua bentuk bencana dari muka bumi,’’ harapnya.(Kml)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here