Sirkuit Mandalika Siap Menyambut Fans WSBK dan MotoGP

Rakor WSBK
Suasana Rakor Persiapan Penyelenggaraan WSBK, di Kantor ITDC, Kuta, Kabupaten Loteng, Ahad (26/9/2021).

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gelaran World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) dipastikan melibatkan penonton. Untuk itu, persyaratan 70% vaksinasi Covid-19 dan skenario manajemen lalu lintas, pintu masuk, pelayanan transportasi dan prosedur penanganan pandemi mulai dibahas selain persiapan infrastruktur yang mendukung kehadiran penonton dalam gelaran balap dunia itu.

‘’Pemerintah Pusat menginginkan gelaran WSBK melibatkan penonton meskipun MGPA tetap akan menggelar walau tanpa penonton,’’ kata Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian RI, Wahyu Utomo, saat Rakor Persiapan Penyelenggaraan World Superbike (WSBK), di Kantor ITDC, Kuta, Kabupaten Loteng, Ahad (26/9/2021).

Wahyu Utomo menjelaskan, efek multi dari kehadiran penonton di Sirkuit Mandalika menjadi kesempatan NTB mendapatkan pemasukan selain denda cukup besar yang dikenakan asosiasi MotoGP bagi penyelenggara lokal dalam hal ini MGPA jika digelar tanpa penonton. Wahyu Utomo pun meminta capaian vaksinasi Covid-19 dan skenario penanganan penonton dimatangkan.

Project Manager ITDC, Ari Ardiansyah menjelaskan, kapasitas Sirkuit Mandalika menampung penonton terbagi atas 50.000 di area grand stand (festival) di beberapa titik pinggir lintasan, 7.700 tempat duduk hospitality suite dan non tempat duduk 138.000 yang total kapasitas Sirkuit Mandalika 195.700 penonton.

Tim pembalap MotoGP sendiri yang terdiri dari pembalap, mekanik, kru dan media totalnya berjumlah 1.200 orang dengan skenario bubble travel yang meminimalisir interaksi dengan lingkungan, sementara penonton diwajibkan setidaknya telah satu kali vaksin dan protokol kesehatan (rapid test antigen) di pintu masuk sirkuit yang diverifikasi melalui aplikasi PeduliLindungi.

Ari Ardiansyah menambahkan, kedatangan kargo peralatan pembalap dipastikan dalam satu waktu, sementara rombongan MotoGP dan penonton akan datang bertahap selama tiga hari gelaran. Pelaksanaan balapan dipastikan 19-21 November 2021 berturut turut dengan event free practice, qualification race day. Namun, mulai 12 Nopember 2021, Sirkuit Mandalika telah mulai digunakan untuk balapan Junior MotoGP level Asia.(Sid)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here