Mau Tau Bus Gratis Penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, Ini Rute dan Waktunya

Jadwal Free Shuttle Bus
Ini dia jadwal free shuttle bus selama gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Para penonton MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Provinsi Nusa Tenggar Barat (NTB) pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022 mendatang, tidak perlu lagi merasa khawatir terhadap transportasi yang akan digunakan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Perhubungan (Dishub) NTB yang didukung oleh Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI telah menyediakan bus gratis.

‘’Shuttle bus bergerak dari masing-masing simpul transportasi dengan jam operasional yang telah ditetapkan dan perlu diperhatikan persyaratan bagi masyarakat yang akan menggunakan shuttle bus tersebut,’’ tulis Dishub NTB pada akun IG-nya.

Dishub NTB sendiri telah merilis sejumlah rute bus gratis ke Sirkuit Mandalika dan waktu penjemputan serta pengantarannya, di antaranya; 1). Dari Pelabuhan Bangsal—Kabupaten Lombok Utara (KLU) ke Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 06.30 Wita – 12.00 Wita, begitu juga sebaliknya dari Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke Pelabuhan Bangsal—Kabupaten Lombok Utara (KLU) pada pukul 16.00 Wita – 22.00 Wita. 2). Dari eks Bandara Selaparang—Kota Mataram ke Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 06.30 Wita – 12.00 Wita, begitu juga sebaliknya dari Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke eks Bandara Selaparang—Kota Mataram pada pukul 16.00 Wita – 22.00 Wita.

Berikutnya 3). Dari Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Gili Mas—Kabupaten Lombok Barat (Lobar) ke Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 06.30 Wita – 12.00 Wita, begitu juga sebaliknya dari Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke Pelabuhan Lembar dan Pelabuhan Gili Mas—Kabupaten Lombok Barat (Lobar) pada pukul 16.00 Wita – 22.00 Wita. 4). Dari Pelabuhan Kayangan—Kabupaten Lombok Timur (Lotim) ke Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 06.30 Wita – 12.00 Wita, begitu juga sebaliknya dari Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke Pelabuhan Kayangan—Kabupaten Lombok Timur (Lotim) pada pukul 16.00 Wita – 22.00 Wita.

Selanjunya 5). Dari Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM)—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 06.30 Wita – 12.00 Wita, begitu juga sebaliknya dari Mandalika—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ke Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM)—Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) pada pukul 16.00 Wita – 22.00 Wita.

Khusus pada tanggal 20 Maret 2022, Dishub NTB menulis jadwal bus gratis diperpanjang sampai dengan pukul 23.00 Wita. Adapun persyaratan untuk dapat menggunakan fasilitasi bus gratis ini di antaranya; memiliki tiket MotoGP, hasil negatif tes antigen bagi yang belum divaksin dua kali dengan biaya Rp80.000, serta harus menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Tempat penyekatan MotoGP sendiri berada pada 3 titik, di antaranya; Bundaran BIZAM, Bundaran Songgong, dan Bundaran Mong.

Pada website resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan sebanyak 188 bus dengan ukuran medium. Di antaranya; 81 unit bus dari Kemenhub dan tambahan 4 unit bus VIP yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Kemudian ada 103 unit bus dari ITDC Mandalika.

Penyedian bus gratis tersebut untuk mengantisipasi bila ada lonjakan penonton yang diprediksi/ditargetkan mencapai 63 ribu. Sebanyak 278 bus disediakan untuk melayani rute ke pusat kota dan simpul transportasi di luar kawasan Sirkuit Mandalika.

Budi Setiyadi merada optimis dengan fasilitas layanan transportasi darat gratis di semua pintu masuk di NTB ini akan memudahkan para penonton dari luar kota/provinsi maupun luar negeri sampai ke lokasi arena balap MotoGP.

Selain bus gratis dari bandara dan pelabuhan di Lombok, angkutan ini juga mengantarkan penonton MotoGP Mandalika pada 7 rute dari parkir barat dan parkir timur menuju gate 1, gate 2, dan gate 3 Sirkuit Mandalika.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *