MXGP 2022 Samota Sumbawa, Kemenkominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Lancar

MXGP 2022
MXGP 2022 Samota Sumbawa.

SUMBAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kemenkominfo RI memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan motocross championship atau MXGP 2022 Samota Sumbawa yang akan dilaksanakan pada 24-26 Juni 2022 mendatang. Selain perizinan penggunaan dan pemantauan Spektrum Frekuensi Radio, Kemenkominfo menargetkan penguatan infrastruktur jaringan telekomunikasi di wilayah NTB.

”Untuk mendukung pengembangan lokasi motocross championship, akan dilakukan digitalisasi NTB dengan penguatan infrastruktur jaringan telekomunikasi di seluruh NTB,” kata Direktur Pengendalian Direktorat SDPPI Kemenkominfo RI, Sabirin, pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan Event Internasional Motocross World Championship (MXGP), pada Selasa (24/5/2022 ).

Dalam gelaran MXGP di Samota Sumbawa yang akan dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), Sabini menyatakan akan nengeluarkan persetujuan dan Izin Stasiun Radio (ISR) kanal frekuensi. Kanal tersebut digunakan untuk keperluan broadcasting, komunikasi croser, komunikasi penyelenggara dan reporter-reporter sebutnya.

Untuk saat ini yang masih menjadi kendala adalah jaringan listrik. Beberapa operator seluler saat ini masih menggunakan genset dan solar sel untuk mengoperasikan BTS yang ada.

Kemenkominfo juga akan mengeluarkan surat rekomendasi penggunaan perangkat sementara untuk perangkat-perangkat telekomunikasi yang menggunakan SFR yang dibawa dari luar Indonesia untuk keperluan event MXGP.

Di samping itu, Kemenkominfo telah melakukan pengukuran kualitas layanan jarinan telekomunikasi dalam rangka persiapan-persiapannya. ”Dalam pengukuran tersebut, sementara diperoleh hasil-hasil yang cukup baik dengan 3 (tiga) penyelenggara seluler dominan yaitu Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison dan XL Axiata berada pada kisaran nominal 10 Mbps dan maksimum 50 Mbps,” ujarnya.

Sabirin mengajak kolaborasi semua pihak untuk menyukseskan penyelenggaraan MXGP di Samota Sumbawa. ”Mari kita terus perkuat kerja sama dan kolaborasi demi menyukseskan penyelenggaraan MXGP 2022 dan tunjukkan Indonesia yang terkoneksi,” ucapnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *