Kemlu Tindaklanjuti Laporan Kondisi Pusat Tahanan Imigrasi di Sabah

Direktur PWNI Kemlu, Judha Nugraha
Direktur PWNI Kemlu, Judha Nugraha.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah mempelajari Laporan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB) tahun 2022 dengan judul ”Seperti di Neraka: Kondisi di Pusat Tahanan Imigrasi di Sabah, Malaysia”.

Kemlu menghargai KBMB dalam upaya ikut melindungi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri. Kemlu memandang serius laporan tersebut dengan segera menindaklanjutinya kepada otoritas dan pihak-pihak terkait.

Kemlu telah menghubungi KBMB untuk memperoleh data rinci warga negara Indonesia (WNI)/PMI (Pekerja Migran Indonesia) yang dinyatakan meninggal di rumah tahanan Imigrasi di Sabah serta data para deportan yang mengalami penganiayaan selama berada di Depot Tahanan Imigresen (DTI) di Sabah.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kemlu, Judha Nugraha menjelaskan bahwa seluruh data tersebut akan ditelusuri dan dimintakan penjelasan dari otoritas di Malaysia. Pemerintah Indonesia juga akan melakukan langkah tindak lanjut secara bilateral jika data ini terkonfirmasi.

”Perwakilan RI di Sabah yaitu Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu dan Konsulat Republik Indonesia (KRI) Tawau akan bertemu Pengarah Jabatan Imigresen Negeri Sabah pada hari ini. Pertemuan dimaksudkan untuk meminta keterangan dan kejelasan atas temuan KBMB, sebagai upaya Pemerintah Indonesia dalam melindungi WNI/PMI di wilayah Sabah,” kata Direktur PWNI Kemlu, Judha Nugraha.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *