Jelang Kunjungan RI 1 di Pulau Sumbawa, Danrem 162/WB Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo saat pimpin apel gelar pasukan.

BIMA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Komandan Korem (Danrem) 162/WB, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M. selaku Dan Satgas Pam wilayah memimpin apel gelar pasukan pengamanan VVIP, di halaman kantor Bupati Bima, Jalan Soekarno Hatta, Dusun Godo, Desa Dadibou, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima.

Apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan VVIP kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI, H Joko Widodo (Jokowi) di wilayah Kabupaten Bima dan Kota Bima, Provinsi NTB, pada Rabu (28/12/2022 ).

Danrem 162/WB, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo dalam amanatnya menyampaikan kunjungan kerja Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan ke Provinsi NTB yaitu di Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa pada tanggal 28-29 Desember 2022 dalam rangka meresmikan Bendungan Beringin Sila dan Hunian Tetap (Huntap) serta meninjau beberapa pasar.

Selama Presiden Jokowi beserta rombongan berada di Provinsi NTB, kata Danrem, pihaknya wajib memberikan pengamanan VVIP secara maksimal, karena tugas ini merupakan kehormatan dan kepercayaan yang harus dijunjung tinggi, mengingat kegiatan kunjungan ini, tidak hanya menjaga keamanan dan keselamatan kepala negara, aman atau tidaknya pelaksanaan kunjungan tersebut akan berdampak luas, terutama terhadap organisasi dan citra NTB di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.

Lebih lanjut Jenderal bintang satu ini menyampaikan, dalam setiap pelaksanaan pengamanan, Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda NTB, Pemerintah Daerah (Pemda) dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan, setiap pengamanan VVIP.

”Jangan dianggap sebagai kegiatan yang biasa dilaksanakan, namun jadikan sebagai hal yang baru, sehingga memotivasi seluruh anggota melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Danrem.

Danrem menjelaskan, apel gelar pasukan perlu dilakukan untuk mengecek dan meyakinkan sampai sejauhmana persiapan personel dan material yang terlibat pengamanan VVIP secara keseluruhan sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan.

”Kemudian laksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur yang terlibat serta tetap menjalin hubungan yang baik dengan masyarakat dalam pelaksanaan tugas di lapangan dan yang terpenting utamakan faktor keamanan personel dan material yang menjadi tanggung jawab masing-masing,” jelasnya.

Sebagai informasi, unsur-unsur yang ikut hadir dalam apel gelar tersebut antara lain;
Forkopimda Kabupaten dan Kota Bima, gabungan Polri dan TNI di wilayah Komando Resor Militer (Korem) 162/WB, Satpol PP Kabupaten dan Kota Bima, Dishub Kabupaten dan Kota Bima serta turut dihadiri oleh Asintel Kasdam IX/Udayana, Kol Arm Sarkistan Sihaloho, SE.; Asops Kasdam IX/Udayana, Kol Inf Septa Viandi Dwi, S.I.P.; dan para Dansubsatgas Pam VVIP.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *