Anggota Baleg DPR RI Usulkan Kades Dapat Tunjangan Gaji Hingga Dana Pensiun

Mukhlis Basri
Mukhlis Basri.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Mukhlis Basri mengusulkan agar kepala desa (Kades) diberikan tunjangan gaji hingga dana pension. Usulan tersebut disampaikan Mukhlis pada saat rapat dengar pendapat (RDP) persentasi tim ahli penyusunan RUU Perubahan atas UU No.6 tahun 2014 tentang desa.

Politisi PDI Perjuangan Dapil Lampung I itu mengatakan sepakat agar kepala desa itu diberi dana purna atau tunjangan pensiun. ‘’Saya anggap karena mereka mengurus anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) atau dana rakyat juga. Artinya, saya kira sudah waktunya pengelola anggaran desa itu diberikan juga untuk uang pension,’’ kata Mukhlis pada saat RDP, di Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Menurutnya, sejak menjadi bupati selama 10 tahun hingga saat ini keluhan ratusan kepala desa di Lampung belum bisa diserap. ‘’Sedikit saya perkenalkan kembali, saya dari Dapil Lampung I. Banyak aspirasi yang saya terima bahwa keluhan aparat desa. Harapan saya adalah kita bisa mewujudkan keinginan mereka,’’ ujarnya.

Anggota Komisi I DPR RI ini menilai bahwa hampir setiap waktu kepala desa memberikan pelayanan mulai dari Babinsa, tokoh agama dan seluruh masyarakat desa. ‘’Jadi, memang biaya mereka itu lebih banyak yang keluar. Kalau melihat dari situ insentif mereka belum apa-apa sudah habis. Saya sepakat ketika memang kepala desa diberikan tunjangan insentif. Jadi, gaji mereka jangan di bawah UMP, justru malahan di atas UMP,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut Mukhlis sedikit menyoroti persoalan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang relatif banyak kegagalan. Menurutnya, saat ini BUMDes menjadi perhatian besar pemerintah sebagai solusi untuk meningkatkan kegiatan ekonomi desa.

‘’Saya katakan juga bahwa hampir rata-rata BUMDes itu gagal. Jadi, hanya beberapa persen yang bisa dikatakan berhasil. Saya kira sepakat juga bahwa perlu ada penggajian. Jadi, perlu juga bagaimana untuk mengelola BUMDes ini benar-benar baik dan betul-betul bisa dimanfaatkan desa yang sebenarnya,’’ katanya.

Mantan Bupati Lampung Barat itu menuturkan keberhasilan BUMDes dapat memberikan dampak positif bagi pemerintah serta masyarakat desa. Mukhlis menjelaskan beberapa peningkatan mulai dari perekonomian desa, pendapatan asli desa, pengelolaan potensi desa.

‘’Kendala-kendala mulai dari SDM serta tata cara pengelolaannya yang perlu ditingkatkan serta peran pemerintah untuk kembali membatu meningkatkan tingkat keberhasilan usaha desa itu,’’ paparnya.(ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *