Kemenlu Fasilitasi Pemulangan 9 WNI Korban TPPO dari Bangkok

WNI Korban TPPO
Suasana penyerahan secara resmi 9 WNI yang menjadi korban TPPO oleh Pemerintah Thailand yang diwakili Wakil Kepala Royal Thai Police, Mayor Jenderal Pol Surachate Hakparn kepada Wakil Kepala Perwakilan RI Bangkok, Sukmo Yuwono, di Bandara Suvarnabhumi Bangkok untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Tanah Air.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Usai berhasil mengupayakan pembebasan 9 (Sembilan) orang warga negara Indonesia (WNI) dari sebuah perusahaan di wilayah konflik di Myanmar, pada Senin (26/6/2023), Direktorat Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) serta KBRI Bangkok telah memfasilitasi pemulangan mereka ke Tanah Air.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Judha Nugraha menjelaskan bahwa pembebasan mereka merupakan kerja bersama antara KBRI Bangkok dan KBRI Yangon, dengan dukungan dari Pemerintah Thailand dan juga International Organization for Migration (IOM).

Sebelumnya, kata Judha Nugraha, KBRI Yangon menerima pengaduan yang disampaikan ke-9 WNI yang terjebak di wilayah konflik bersenjata di Myawaddy, Myanmar. Para WNI lantas dilepaskan ke wilayah Maesot di Thailand oleh perusahaannya, setelah KBRI melakukan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait.

Atas permintaan KBRI Bangkok kepada Pemerintah Thailand, para WNI kemudian menjalani proses identifikasi sebagai korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) melalui mekanisme National Referral Mechanism (NRM).

‘’KBRI Bangkok bersama Diaspora RI di Maesot telah mendampingi proses wawancara para WNI. Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh aparat menemukan bahwa ke-9 WNI tersebut terindikasi merupakan korban TPPO,’’ kata Judha Nugraha dalam siaran pers, Senin (26/6/2023).

Sebagai korban TPPO, lanjut Judha Nugraha, mereka telah diberikan pelindungan di Rumah Penampungan Sementara (RPS) milik Pemerintah Thailand sebelum dipulangkan ke Indonesia.

Judha Nugraha menjelaskan, setelah seluruh proses selesai, ke-9 WNI diserahkan secara resmi oleh Pemerintah Thailand yang diwakili oleh Wakil Kepala Royal Thai Police, Mayor Jenderal Pol Surachate Hakparn kepada Wakil Kepala Perwakilan RI Bangkok, Sukmo Yuwono, di Bandara Suvarnabhumi Bangkok untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Tanah Air.

‘’Dari 9 (sembilan) WNI tersebut, 6 (enam) berasal dari Jawa Timur dan akan langsung diterbangkan ke Surabaya untuk diserahkan kepada Pemda Jawa Timur. Adapun 3 (tiga) orang lainnya akan melanjutkan perjalanan ke Medan, Sumatera Utara (Sumut) yang merupakan daerah asal mereka,’’ jelasnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *