Astaga, Biaya Perawatan PMI Inisial AL di RS Hingga Saat Ini Capai Rp3,7 Miliar

Direktur PWNI Kemlu, Judha Nugraha
Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (PWNI) Kemlu, Judha Nugraha.

WARSAWA, LOMBOKTODAY.CO.ID – KBRI Warsawa telah menangani dan melakukan pendampingan kepada pekerja migran Indonesia (PMI) inisial AL sejak Februari 2023 lalu. Yang bersangkutan mengalami komplikasi ketika menjalani operasi amandel.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri (PWNI Kemlu), Judha Nugraha menjelaskan bahwa saat ini, AL masih terus menjalani perawatan di RS Bydgoszcz.

Adapun biaya RS hingga saat ini sudah mencapai Rp3,7 miliar dan masih dalam tanggungan pihak asuransi. KBRI Warsawa secara rutin melakukan monitoring untuk perawatan terbaik bagi AL.

Bahkan, lanjut Judha Nugraha, pihak Kemlu dan KBRI Warsawa bersama keluarga AL (diwakili adik AL yang tinggal dan bekerja di Polandia) terus mencari solusi terbaik bagi perawatan AL.

Termasuk saat ini, KBRI memberikan pendampingan hukum bagi wakil keluarga AL untuk mengajukan gugatan dugaan malpraktek terhadap pihak RS yang melakukan operasi amandel terhadap AL.

‘’Saat ini proses hukum telah masuk tahap investigasi oleh pihak Kejaksaan Polandia,’’ jelas Judha Nugraha dalam keterangan pers, Selasa (8/8/2023).(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *