Tim SAR Gabungan Hentikan Pencarian Seorang Warga Dusun Gusung yang Tenggelam di Gili Banta

Tim SAR Gabungan
Tim SAR Gabungan saat mencari korban yang dilaporkan tenggelam di Perairan Gili Banta.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Tim SAR Gabungan pada hari ini, Minggu (10/9/2023), terpaksa menghentikan pencarian terhadap seorang warga Dusun Gusung, Desa Bugis, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, Firdaus (28 tahun) yang dilaporkan tenggelam di Perairan Gili Banta.

Pencarian terhadap korban telah dilakukan sejak hari Senin (4/9/2023) lalu, namun tanda-tanda keberadaan korban tidak kunjung ditemukan. ‘’Ya, proses pencarian korban kami hentikan dengan hasil korban dinyatakan hilang,’’ kata Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi, dalam keterangan resminya, Minggu (10/9/2023).

Pencarian korban, lanjut Lalu Wahyu, dilakukan di perairan, pesisir pantai hingga penyelaman di lokasi kejadian dan wilayah sekitar.

Sempat ditemukan busa (styrofoam) milik korban di perairan Pulau Kelapa, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, yang sempat digunakan untuk menyelamatkan diri. ‘’Luas area pencarian di perairan mencapai 10 NM2,’’ ucapnya.

Sebelumnya, korban Firdaus (28 tahun) mencari ikan bersama temannya, Toto (30 tahun). Tiba-tiba gelombang tinggi menghantam perahu yang mereka gunakan hingga terbalik dan tenggelam. Kaki korban terlilit tali jangkar, sehingga meminta pisau ke rekannya untuk memotong tali yang membelitnya.

Namun, Firdaus tenggelam dalam waktu singkat, sementara temannya berhasil menyelamatkan diri dari kejadian naas tersebut.(smr)