Pasukan Damkarmat Lombok Timur Diberi Spirit oleh Pj Bupati

Apel Senin pagi
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik saat mengikuti apel pada Senin pagi (23/10/2023) di Kantor Damkarmat.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pj Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik mengikuti apel pada Senin pagi (23/10/2023) di Kantor Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat). Ini adalah menjadi rutinitas Juaini Taofik keliling apel Senin di semua OPD semenjak dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lotim.

Dalam arahannya, Pj Bupati menyatakan menyadari pelayanan Damkarmat tidak bisa ditunda-tunda dan berorientasi kepada kecepatan dan ketepatan tindakan. “Damkarmat pelayanannya tidak bisa ditunda-tunda,” jelasnya.

Juaini Taofik menyadari kondisi fasilitas yang saat ini dimiliki Damkarmat terbatas dan beban kerja yang dimiliki juga relatif berat, utamanya jika dilihat dari luas wilayah dan jumlah penduduk.

Karena itu, Juaini Taofik menegaskan komitmen Pemerintah Daerah (Pemda) untuk menyempurnakan atau setidaknya memelihara sarana yang ada saat ini. Di tengah keterbatasan anggaran, di mana tahun 2023 ini Pemda juga memiliki kewajiban mengalokasikan dana hibah terkait Pilkada kepada KPU dan Bawaslu, akan tetapi untuk pelayanan yang langsung dibutuhkan masyarakat dipastikan tidak boleh terkendala.

Pj Bupati juga mengakui kinerja anggota Damkarmat seraya mengingatkan untuk tidak terpaku pada keterbatasan. “Saya bersyukur Pak Kadis dan jajaran mun base Lombok no ndek ne perekengan lalok (kalau bahasa Lombok itu jangan terlalu perhitungan sekali),” ungkapnya. “Begitu anggarannya kurang, begitu ada laporan masyarakat, jalan saja,” tambahnya.

Hal itu menurutnya sejalan dengan komitmen pelayanan Pemda terkait pelayanan bermutu yaitu kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan (4K). Terkait pelayanan tersebut, ia juga berharap adanya transfer ilmu dan pengalaman di antara anggota. “Berbagi pengalamanlah, jangan pelit,” pesannya.

Juaini Taofik menekankan pula pengembangan model organisasi pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi anggota. Di samping itu, ia juga menggarisbawahi agar dapat bersikap ramah. Sikap tersebut dijabarkan sebagai panggilan hati untuk melaksanakan tugas, bersyukur dapat membantu sesama.(Kml)