Pemkab Kutai Kartanegara-Kaltim Kaji Tiru Lotim Berkembang

2 minutes reading
Wednesday, 1 Nov 2023 17:00 0 96 Editor

Oleh: Lalu M Kamil Ab |

JAUH-JAUH dari Pulau Kalimantan, Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah beserta rombongan berkunjung ke Bumi Patuh Karya Lombok Timur (Lotim) untuk melakukan Kaji Tiru program Lotim Berkembang. Kedatangannya disambut langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik, di Rupatama 1 Kantor Bupati Lotim, Rabu (1/11/2023).

Kunjungan kerja tersebut dalam rangka studi aplikatif keberhasilan Lombok Timur dalam penerapan Program Percepatan Akses Keuangan Daerah.

Dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik selain menjelaskan situasi dan kondisi daerah ini, juga menceritakan kondisi Covid-19 mengawali program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Lombok Timur yang bertujuan mendorong perekonomian masyarakat.

Dijelaskannya bahwa TPAKD memiliki beberapa program, yakni klaster peternakan dengan program Lotim Berkembang, klaster koperasi dan UMKM serta klaster wisata.

Salah satu program unggulan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) adalah Lotim Berkembang. Disediakan dana sebesar Rp5 miliar untuk subsidi bunga atas pinjaman peternak melalui kredit usaha rakyat (KUR). Program yang mendapat respon positif dari masyarakat, khususnya peternak sapi tersebut sukses sehingga Pemda memperluas sasaran dengan melibatkan pelaku UMKM.

Bupati Kutai Kertanegara, Edi Damansyah mengakui selain silaturahmi, kunjungannya bersama rombongan untuk memperlajari lebih jauh program Lotim Berkembang dari segi kebijakan, pengelolaan subsidi bunga, hingga manfaat kebijakan KUR.

Usai bertukar cinderamata, dilakukan diskusi untuk memperdalam program Lotim Berkembang dan kerja sama.(*)

Penulis adalah Wartawan Lomboktoday.co.id Biro Lombok Timur

LAINNYA