Sembari Pimpin Apel Pagi di Dinas Dukcapil, Pj Bupati Lombok Timur Luncurkan KIPAS

Pj Bupati Lombok Timur
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik (tengah) fose bersama usai apel pagi di Dinas Dukcapil Lombok Timur.

Oleh: Lalu M Kamil Ab |

MENJADI tugas penting Penjabat (Pj) Bupati adalah memastikan suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang dengan salah satu indikatornya adalah tingginya tingkat partisipasi pemilih.

Demikian entrypoint yang disampaikan Pj Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik saat menjadi Pembina pada apel pagi di Kantor Dinas Dukcapil Lotim, Rabu (1/11/2023), yang dirangkaikan dengan peluncuran Kegiatan Inovasi Pelayanan Adminduk di Sekolah (KIPAS).

Lebih lanjut Juaini Taofik menyebut bahwa inovasi KIPAS yang sudah dikembangkan oleh Dinas Dukcapil itu merupakan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) khusus bagi siswa SMA/SMK/MA yang sudah berusia 17 tahun agar dapat mengikuti pemilihan umum (Pemilu) tahun depan. Layanan yang disediakan adalah perekaman, pencetakan, registrasi, dan aktivasi identitas kependudukan digital.

Inovasi tersebut juga bertujuan menjaring seluruh siswa SMA/SMK/MA untuk melakukan perekaman supaya memiliki identitas kependudukan. Dirinya juga menegaskan tidak perlu khawatir kekurangan blanko, sebab sudah direkam dan terdata secara online.

Pj Bupati meminta Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mensosialisasikan keberadaan KIPAS dan memberikan pemahaman kepada seluruh sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Ia menekankan pentingnya menyukseskan Pemilu 2024 yang dinilai sebagai perekat persatuan. Karena itu, ia berharap nantinya kerja tim di lapangan tidak menemui kendala. Selain karyawan Dinas Dukcapil, apel tersebut diikuti pula oleh Kepala UPT Dikmen Lombok Timur, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Lombok Timur serta Kepala Kantor Kementerian Agama Lombok Timur.(*)

Penulis adalah Wartawan Lomboktoday.co.id Biro Lombok Timur