Pemkab Lombok Timur Dapat Bantuan POCADI dari Pusat

Peresmian POCADI
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik saat meresmikan POCADI, pada Kamis (2/11/2023).

Oleh: Lalu M Kamil Ab |

PERPUSTAKAAN NASIONAL memberikan bantuan pojok baca digital (POCADI) kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim). Pojok baca digital (POCADI) yang ditempatkan di ujung pintu masuk barat Kantor Bupati Lotim itu, telah diresmikan pada Kamis (2/11/2023) oleh Penjabat (Pj) Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, dan disaksikan seluruh kepala OPD dan Camat yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik dalam sambutannya menyampaikan, POCADI tersebut dapat dimanfaatkan oleh tidak hanya ASN (Aparatur Sipil Negara), tetapi juga oleh masyarakat. Tersedia 700 judul buku yang dapat diakses. Karena itu, ia berharap POCADI dapat dimanfaatkan dengan baik. “Percuma ada pojok baca digital kalau tidak dimanfaatkan,” ucapnya.

Selain POCADI, Pj Bupati juga menyampaikan bahwa tahun 2024 mendatang akan dibangun gedung perpustakaan tiga lantai yang diharapkan meningkatkan pelayanan perpustakaan daerah dan memberikan kenyamanan sekaligus mendongkrak literasi masyarakat.

POCADI menyediakan koleksi buku cetak dan buku digital (e-book). Koleksi buku digital yang tersedia bersumber di antaranya berasal dari konten iPusnas yang dapat diunduh melalui playstore. POCADI juga dilengkapi aplikasi untuk media promosi, koleksi audio dan video.

Keberadaan POCADI dimaksudkan untuk memudahkan akses informasi dan memperluas layanan perpustakaan agar dapat dinikmati di pusat-pusat kegiatan masyarakat. POCADI dirancang sesuai kebutuhan pengguna berbasis teknologi digital dan konten bahan bacaan yang beragam dan menarik.(*)

Penulis adalah Wartawan Lomboktoday.co.id Biro Lombok Timur