KUA-PPAS Lombok Timur 2024 Telah Disepakati DPRD dan Pemkab

KUA-PPAS Tahun 2024
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik (dua dari kiri) saat menyerahkan KUA-PPAS tahun 2024 kepada pimpinan DPRD Kabupaten Lotim, usai Rapat Paripurna DPRD Lotim, Jumat (17/11/2023).

Oleh: Lalu M Kamil Ab |

HASIL kesepakatan bersama antara DPRD dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur (Lotim) sangat menentukan arah kebijakan pembangunan di daerah ini tahun 2024 mendatang, yang merupakan tugas dan tanggung jawab bersama dalam memenuhi harapan dan aspirasi masyarakat. Demikian disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Lotim, HM Juaini Taofik, di hadapan paripurna DPRD Kabupaten Lombok Timur terkait KUA-PPAS Tahun 2024, pada Jumat (17/11/2023).

“Terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan anggota DPRD Lombok Timur atas peran dan kemitraan dalam rangkaian proses pembahasan Rancangan KUA dan PPAS Tahun Anggaran 2024 dari awal sampai ditanda-tanganinya Nota Kesepakatan,” kata Juaini Taofik.

Terkait saran, usul, dan pendapat yang disampaikan pada saat pembahasan, lanjut Juaini Taofik, menjadi bahan pertimbangan dan masukan dalam proses penyusunan dan pembahasan Raperda APBD tahun anggaran 2024. “kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas sinergsitas dan pengabdian serta kemitraan yang terjalin selama ini,” ucap Juaini Taofik.

Sebelumnya, dalam laporan gabungan komisi atas hasil pembahasan KUA dan PPAS tahun anggaran 2024, DPRD menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas upaya pengendalian inflasi yang dilakukan melalui upaya antara lain menjaga pasokan bahan pokok masyarakat, melaksanakan pencanangan gerakan tanam padi, melaksanakan operasi pasar murah bersama OPD terkait.

DPRD memprediksi pelaksanaan pembangunan tahun 2024 akan banyak mengalami kendala dan tantangan mengingat memasuki tahun politik yaitu pelaksanaan Pemilu pada Februari dan pemilihan kepala daerah pada September.

Karena itu, Juaini Taofik diminta memastikan semua fungsi-fungsi penyelenggara pemerintahan dapat berjalan efektif dan efisien sekaligus mengendalikan konflik sosial politik dalam berbagai bentuk, terutama di ruang-ruang demokrasi yang semakin terbuka. Dengan demikian pelaksanaan pembangunan dan Pemilu serta Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan aman.(*)

Penulis adalah Wartawan Lomboktoday.co.id Biro Lombok Timur