Selain HUT Korpri, Pemkab Lombok Timur Serentak Peringati Hari DWP dan HKN

Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik saat bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT Korpri ke–52 di Halaman Kantor Bupati Lotim, pada Rabu (29/11/2023).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korpri ke–52 di Halaman Kantor Bupati Lotim, pada Rabu (29/11/2023).

Mewakili Ketua Umum Korpri Nasional, Zudan Arif Fakrulloh, momentum HUT Korpri ke–52 diharapkan sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN (aparatur sipil negara).

Juaini Taofik mengingatkan, bahwa masyarakat sangat berharap pemerintah memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Karena itu, ia menekankan agar pengurus Korpri mampu membaca dan menjawab hal itu demi mengembangkan birokrasi Indonesia yang bisa menjadi motor penggerak menuju Indonesia Emas di tahun 2045.

Diingatkan pula penerapan sistem meritokrasi berbasis kompetensi, kualifikasi, dan kinerja yang diberlakukan secara adil, wajar, transparan dan tanpa diskriminasi. Ia berharap sistem tersebut segera terwujud agar memudahkan karir ASN dalam satu kementerian, kabupaten, provinsi, atau pindah kementerian, pindah kabupaten maupun pindah provinsi.

Hal tersebut sebagaimana tujuan meritokrasi yaitu  merekrut ASN secara professional, mengembangkan kompetensi, kepastian karir, perlindungan karir, serta pengelolaan ASN yang efektif dan efisien, termasuk penghargaan sebagai bentuk motivasi.

Ditekankan bahwa, netralitas Korpri tidak berubah dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan, serta menjaga keutuhan NKRI. Hal tersebut ditekankannya terkait Pemilu yang akan berlangsung pada 2024.

Terakhir, seiring upaya peningkatan kesejahteraan ASN, ia mengingatkan untuk tetap meningkatkan kinerja, kolaborasi, dan sinergi, serta menumbuhkan energi positif dalam setiap pelaksanaan tugas, kewajiban dan tanggung jawab yang diamanahkan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Upacara juga dirangkaikan dengan peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Juaini Taofik menyampaikan apresiasinya kepada jajaran DWP Kabupaten Lombok Timur dan seluruh unit, juga SDM kesehatan yang telah berkontribusi dalam fokus pembangunan di daerah ini.

Upacara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Setyalencana Karya Satya kepada tiga orang PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur atas nama Irpan Widiatma, Nurdiana Hayati, dan Muhammad Sapi’i.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan kenang-kenangan kepada perwakilan PNS purna, penyerahan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi golongan I, II/a, dan II/b, juga penyerahan santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan, serta penyerahan hadiah lomba dalam rangka HKN ke–59.

Pj Bupati pada kesempatan itu juga menandatangani rencana kerja Pemda dengan BPJS Kesehatan terkait penyelenggaraan jaminan kesehatan nasional bagi penduduk Lombok Timur. Penandatanganan ini menjadi perwujudan target cakupan kesehatan semesta (UHC).

Usai upacara dilakukan launching Tim Tanggap Bencana Hidrometeorologi (TABAH) yang ditandai penyematan pita oleh Pj Bupati. Launching Tim TABAH yang anggotanya berasal dari BPBD, PMI, Damkarmat, dan DLHK diisi dengan simulasi penanggulangan bencana hidrometeorologi yang cukup menyita perhatian peserta upacara.(Kml)