Tantangan Perluasan Digitalisasi di Lotim, Masyarakat Sulit Menerima Perubahan

High Level Meeting
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik (tengah) fose bersama usai membuka high level meeting tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) pada Selasa (28/11/2023).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Apapun perubahan yang dilakukan tidak cukup hanya melepaskannya tetapi terus dimonitoring, perlu terus dipantau. Ungkapan tersebut dikemukakan Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik terkait tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah sebelum membuka high level meeting tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD) pada Selasa (28/11/2023).

Tantangan perubahan di Lombok Timur diakuinya adalah sulitnya masyarakat menerima perubahan. Akan tetapi, tambahnya, setelah menerima justru sulit untuk dibendung. Hal tersebut dinilainya tidak lepas dari karakter masyarakat yang umumnya skeptis dan berhati-hati terhadap perubahan.

Karena itu, Juaini Taofik meminta tim untuk membiasakan masyarakat bertransaksi secara digital. Hal ini menjadi bagian dari upaya percepatan dan perluasan digitalisasi daerah mengingat kekuatan perubahan ada di birokrasi sebagai penyelenggara.

Tantangan terberat menurut Pj Bupati dalam percepatan dan perluasan digitalisasi daerah adalah di pasar. Akan tetapi ketika digitalisasi sudah dilakukan, maka optimalisasi pajak dan retribusi dapat diwujudkan, bahkan melalui pengawasan yang tidak cukup intens.

Juaini Taofik meminta TP2DD mengadopsi cara kerja yang diterapkan lembaga lain yang telah lebih dulu berhasil mengoptimalkan pendapatan pajak atau retribusi.

TP2DD adalah forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang dibentuk untuk mendorong inovasi, mempercepat, dan memperluas pelaksanaan elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

TP2DD juga diharapkan mampu mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital guna mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan tata kelola keuangan yang terintegrasi.(Kml)