Lombok dan Bali Diguncang Gempa Bumi Tektonik M4,8, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi
Lombok dan Bali Digucang Gempa Bumi Tektonik berkekuatan M4,8.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wilayah Lombok dan Bali diguncang gempa bumi tektonik pada Kamis (25/1/2024) sekitar pukul 22.41.28 Wita. Hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitude 4,8 (M4,8). Episenter terletak pada koordinat 8,99° LS; 115,69° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km Tenggara Kuta Selatan, Bali pada kedalaman 101 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menerangkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng (intra-slab) Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia. Dan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi mendatar (oblique thrust fault).

Daryono mengatakan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kota Mataram, Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Tengah III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Kuta, Kuta Selatan, Tabanan, Klungkung, Bangli, Gianyar, Karangasem, Denpasar II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), Lombok Utara, Sumbawa Barat II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

‘’Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Dan hingga Kamis malam (25/1/2024) pukul 22.55 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 (satu) aktivitas gempa bumi susulan,’’ kata Daryono dalam keterangan resminya, Kamis malam (25/1/2024).(Sid)