Gempa Bumi Guncang Lombok M7,1

Gempa Bumi Guncang Lombok
Gempa bumi guncang Lombok, Provinsi NTB, dengan magnitudo M7,1.

JAKARTA, LOMBOKTODAY.CO.ID – Gempa bumi dengan magnitudo 7,1 mengguncang Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Selasa dini hari (29/8/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa bumi itu terjadi pada pukul 02:55:32 WIB. Pusat gempa berada di koordinat 6,94 Lintang Selatan dan 116,57 Bujur Timur, atau 163 kilometer di Timur Laut Lombok Utara. Gempa bumi itu berada di laut di kedalaman 525 kilometer.

Berdasarkan informasi BMKG, gempa bumi tersebut terasa hingga Kuta dengan V skala MMI, kemudian Gianyar, Denpasar, Waingapu, dan Lombok dengan IV skala MMI.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Dr Daryono menjelaskan, gempa bumi di Lombo, Provinsi NTB ini getarannya juga terasa hingga Karangkates dengan III-IV skala MMI, Kuta Selatan, Tabanan dengan III skala MMI, kemudian Trenggalek, Bantul, dan Blitar dengan II skala MMI.

Skala V berarti berpotensi membuat kerusakan berat, sedangkan IV berpotensi kerusakan sedang, III berisiko kerusakan ringan, sedangkan II hanya dirasakan masyarakat tanpa ada kerusakan.

Dalam informasi awal, gempa bumi itu disebut tak berpotensi tsunami. Namun, Daryono meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan gempa susulan.(Sid)