Gunakan Kendaraan Bak Terbuka Saat Liburan Ketupat, Kapolres Loteng: Silakan Putar Balik

Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat
Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat.

LOMBOK TENGAH, LOMBOKTODAY.CO.ID – Masyarakat yang masih nekat menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut warga yang akan melaksanakan liburan lebaran ketupat ke obyek wisata di wilayah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), dipersilakan untuk putar balik/kembali.

‘’Kalau ada yang coba-coba untuk menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut warga yang akan menikmati liburan lebaran ketupat ke obyek wisata, saya persilakan untuk putar balik saja,’’ kata Kapolres Loteng, AKBP Iwan Hidayat, S.IK., di kantornya, kepada awak media saat menjelaskan terkait rangkaian pengamanan lebaran ketupat di Kabupaten Loteng, Selasa (16/4/2024).

Iwan menyampaikan, pos pengamanan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah akan dialihfungsikan menjadi pos penyekatan untuk meminimalisir masyarakat yang akan melaksanakan liburan lebaran ketupat menggunakan kendaraan bak terbuka, baik itu yang masuk maupun keluar Kabupaten Loteng.

‘’Apabila masih ada yang menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut warga saat liburan lebaran ketupat, kita akan suruh putar balik/kembali, karena sudah banyak contoh kejadian kendaraan bak terbuka yang mengalami laka lantas yang fatal,’’ ujarnya.

Untuk diketahui, Polres Loteng mengoperasikan sebanyak tiga pos penyekatan selama libur lebaran ketupat besok. Nantinya pos tersebut akan diisi oleh personel gabungan untuk meminimalisir dan memfilter kendaraan yang keluar masuk Loteng, terutama kendaraan bak terbuka yang mengangkut orang. ‘’Yang pertama pos penyekatan Kopang, yang kedua pos penyekatan Praya dan yang ketiga pos penyekatan Labulia,’’ ucapnya.

Nantinya pos tersebut akan memfilter kendaraan yang masuk dari arah Mataram-Loteng-Lotim maupun sebaliknya guna meminimalisir masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang. ‘’Lebih baik kita tegas seperti itu daripada masyarakat kita terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,’’ tegasnya.

Iwan menjelaskan pihak Polres Loteng menerjunkan sebanyak 350 personel bersama stakeholders terkait untuk mengamankan libur lebaran ketupat. Nantinya para personel tersebut akan mengisi titik spot pengamanan obyek wisata maupun titik spot penyekatan selama perayaan lebaran ketupat di Kabupaten Loteng.(smr)