Gebyar Sekolah Penggerak Angkatan I Lombok Timur Dihiasi Stand Pameran

Gebyar Sekolah Penggerak
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik saat membuka Gebyar Sekolah Penggerak Angkatan I TK/PAUD –SD – SMP Kabupaten Lombok Timur, Kamis (16/5/2024).

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Stand-stand pameran hasil karya terbaik dari masing-masing sekolah penggerak di Kabupaten Lombok Timur, menambah suasana semarak Gebyar Sekolah Penggerak Angkatan I TK/PAUD –SD – SMP Kabupaten Lombok Timur yang digelar di halaman Kantor pada Kamis (16/5/2024).

Suasana semakin meriah diiringi tabuhan Gendang Beleq siswa-siswi SMPN 2 Masbagik yang dilengkapi dengan Tari Peresean. Tak kalah menarik adalah Parade ‘’Ngejot’’ atau Parade ‘’Dulang’’ yang diselingi tarian, pantomim, pentas teater, drumband, hingga karate.

Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya seraya mengutip sambutan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim pada Hardiknas lalu, yang menyebut bahwa ‘’sekolah penggerak sudah melewati ombak yang besar, karang yang begitu kuat’’.

Hasilnya, lanjut Juaini Taofik, di antaranya dapat dilihat pada kegiatan yang tengah berlangsung. ‘’Dan hari ini kita saksikan hasilnya walaupun tiga tahun sudah berlalu, tetapi kemampuan guru penggerak dan sekolahnya luar biasa,’’ sanjungnya.

Kegiatan tersebut dinilainya sebagai gambaran hasil sinergi semua komponen, mulai dari kepala sekolah, guru, kurikulum, termasuk peran wali murid. Ia berharap momen baik tersebut menjadi peninggalan (legacy), seraya berharap kualitas pendidikan di Tanah Air semakin membaik demi terwujudnya Indonesia Emas tahun 2045.

Pada kesempatan tersebut, Pj Bupati sekaligus me-launching alunan budaya Desa Pringgasela dan berharap kegiatan tersebut berlangsung sukses. Ia pun mengimbau agar seluruh pihak dapat berkontribusi.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lombok Timur (Kadis Dikbud Lotim), Izzuddin, S.Pd mengaku senang karena kegiatan itu berjalan lancar. Izzuddin mengapresiasi kerja panita yang telah bekerja keras tak kenal waktu menyiapkan acara tersebut. Diharapkan apa yang dihadirkan hari ini menjadi langkah awal untuk memajukan pendidikan di Lombok Timur.

Pelepasan burung merpati dan pemukulan gong menandai dibukanya secara resmi kegiatan yang dihadiri pula Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP), dan Kepala Balai Guru Penggerak (BGP). Kegiatan tersebut juga diisi penyerahan penghargaan oleh BGP NTB dan Pemda Lotim kepada perwakilan Sekolah Penggerak.(Kml)