Lotim Dapat UHC Award 2024, Pj Bupati Sampaikan Terima Kasih kepada DPRD

Penghargaan UHC Award 2024
Pj Bupati Lotim, HM Juaini Taofik saat menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2024.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award atas keberhasilannya mencatat kepesertaan BPJS Kesehatan hingga 99,35% per 6 Agustus 2024. Penghargaan tersebut diterima Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), HM Juaini Taofik pada acara yang berlangsung di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Pada kesempatan tersebut, Juaini Taofik menyampaikan keberhasilan yang diraihnya tidak lepas dari dukungan semua pihak, terutama legislatif (pihak DPRD Lotim) melalui dukungan terhadap APBD. ‘’Tahun 2024 ini kita mengalokasikan Rp78 miliar, sementara pada tahun 2023 lalu hanya di angka Rp36 miliar,’’ sebutnya.

Menjadi tugas berikutnya adalah meningkatkan keaktifan peserta dan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan semakin cepat, mudah, dan setara. Hal tersebut selaras dengan pesan Wakil Presiden (Wapres), KH Ma’ruf Amin yang hadir menyerahkan penghargaan.

Selain menyampaikan penghargaan kepada seluruh Kepala Daerah atas komitmen dan konsistensinya mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagai salah satu program startegis nasional, juga mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) untuk mendorong peningkatan kualitas layanan kesehatan, termasuk penyediaan sumber daya manusia (SDM) kesehatan berkualitas.

Di samping itu, Pemda diharapkan dapat memastikan seluruh pemberi kerja di wilayah masing-masing mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta BPJS Kesehatan. Arahan lainnya adalah agar Pemda memastikan penduduk rentan, seperti penyandang disabilitas, lansia, dan masyarakat telantar juga terdaftar dalam BPJS Kesehatan.

Capaian UHC Lombok Timur bersama 460 kabupaten/kota dan 33 Provinsi, memberikan sumbangan berarti bagi tercapainya UHC Indonesia dalam waktu cepat, yaitu 10 tahun. Saat ini tercatat 276.520.647 jiwa atau 98,19%. Dari jumlah tersebut, 55,56 juta jiwa didanai Pemda melalui APBD.

Pada kesempatan itu, diserahkan pula penghargaan UHC oleh Presiden Internasional Social Security Association (ISSA), Mohammed Azman kepada Pemerintah RI yang diterima Wapres Ma’ruf Amin.(Kml)