Jalan Tohpati Ditanami Ratusan Pohon

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID — Komitmen Pemerintah Kota Mataram untuk menghijaukan tanah di Kota Mataram cukup kuat. Terbukti dengan terus gencarnya program penghijauan di titik-titik yang dinilai masih kurang pepohonan.

Salah satunya di Jalan Tohpati, merupakan jalan baru yang dibuka pada tahun lalu oleh Pemerintah Kota Mataram, Sabtu (27/4), dilakukan penanaman 300 pohon di sepanjang jalan oleh jajaran pegawai lingkup Pemkot Mataram. Kegiatan itu dipimpin oleh Assisten Administrasi Umum Setda Kota Mataram, Makmun.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) Dinas Pertamanan Kota Mataram, Nanang Edward mengatakan, kegiatan penanaman pohon di Jalan Tohpati itu, karena dinilai volume pohon di sepanjang jalan masih kurang, sehingga perlu ditambah lagi. Menurutnya, jenis pohon trembesi dipilih menjadi jenis pohon yang ditanam di sepanjang Jalan Tohpati, karena disesuaikan dengan estitikanya yang rimbun dan mudah tumbuh, jenis pohon ini juga mampu mengurangi kebisingan sekaligus mampu menyerap CO2. ‘’Selain di Jalan Tohpati, penamanam pohon juga telah kita lakukan di Jalan Sandubaya, Jalan AA Gede Ngurah, dan Jalan Arya Banjar Getas,’’ katanya.

Nanang Edward menjelaskan, dalam setahun Dinas Pertamanan menyiapkan bibit sekitar 1.000 pohon. Jumlah itu difokuskan untuk penghijauan di jalan-jalan protokol. Sementara untuk penanaman pohon di jalur-jalur lain, Dinas Pertamanan bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH), bahkan juga dengan pihak swasta.

Sementara untuk pemeliharaannya, tim dari Dinas Pertamanan telah menugaskan personel khusus untuk memelihara pohon-pohon yang berada di setiap jalan di Kota Mataram. ‘’Setiap hari personel kita menyiram semua pohon-pohon terutama pohon yang baru ditanam di Kota Mataram, kecuali musim hujan,’’ ungkapnya.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *