Tanjung Gemuk nan Permai

TANJUNG GEMUK: Inilah salah satu gerbang menuju Pulau Adonara dari Pelabuhan Larantuka, Kabupaten Flores Timur. Foto: Kopong Gana/Lomboktoday.co.id

ADONARA, LOMBOKTODAY.CO.ID — Memasuki Adonara dari arah Dermaga Larantuka, akan melewati sebuah tempat yang bernama Tanjung Gemuk. Tanjung ini akan dilewati setelah  kapal motor yang ditumpangi berhasil ‘memenangkan pertarungan’ melawan ganasnya arus Gonsalu di Selat Sempit Larantuka yang membatasi Pulau Adonara dengan Pulau Flores bagian Timur.

Di musim tertentu ketika gelora laut kurang bersahabat, pelayaran dari Larantuka menuju Dermaga Waiwerang sungguh mendebarkan ketika melewati tempat ini. Kini, ukuran kapal motor yang makin besar yang kebanyakan milik saudagar dari Lama Hala, Adonara yang dikenal sebagai pelaut ulung, pelayaran dari Larantuka menuju Waiwerang tak se-mendebarkan seperti dahulu.

Tanjung Gemuk memang punya cerita misteri yang cukup menggoda untuk ditelusuri. Apakah itu? Tampaknya sumber berita masih mau ‘menyimpannya’ untuk suatu waktu yang akan datang.(ama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *