Senin, Pelantikan BPD HIPMI NTB 2014-2017

Ketua Umum BPD HIPMI NTB terpilih periode 2014-2017, Sultan Kertapati.
Ketua Umum BPD HIPMI NTB terpilih periode 2014-2017, Sultan Kertapati.
Ketua Umum BPD HIPMI NTB terpilih periode 2014-2017, Sultan Kertapati.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Pelantikan calon pengurus BPD HIPMI NTB (Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Nusa Tenggara Barat) periode 2014-2017 akan dilaksanakan Senin (25/8), di Ballroom Selaparang Hotel Lombok Raya Mataram.

Calon pengurus BPD HIPMI NTB periode 2014-2017 ini, rencananya akan dilantik langsung oleh Ketua Umum BPP HIPMI, Raja Sapta Oktohari.

Sesuai hasil musyawarah daerah (Musda) HIPMI NTB ke-XII di Hotel Lombok Plaza Mataram, 12 Juli 2014 lalu, yang terpilih sebagai Ketua Umum BPD HIPMI NTB periode 2014-2017 yakni Sultan Kertapati, menggantikan Ketua Umum BPD HIPMI NTB periode sebelumnya, H Yudistira Capriadi.

Mengingat betapa pentingnya acara pelantikan tersebut, Panitia Pelaksana Pelantikan, Lalu Iswadi Athar menyampaikan, pihaknya akan menghadirkan sekitar 200 pengusaha di Bumi Sejuta Sapi, baik pengusaha lokal maupun nasional. Undangan telah disebar ke sejumlah pejabat birokrasi di daerah ini, dinas/instansi, BPC HIPMI se-NTB, pengusaha, akademisi, asosiasi pengusaha, profesi, perbankan dan stakeholders lainnya. Bahkan undangan juga disebar ke beberapa pengurus BPD HIPMI ke sejumlah provinsi di Indonesia.

Ketua Umum BPD HIPMI NTB terpilih periode 2014-2017, Sultan Kertapati mengatakan, acara pelantikan calon pengurus BPD HIPMI NTB periode 2014-2017 ini terselenggara atas hasil musyawarah daerah (Musda) ke-XII BPD HIPMI NTB yang telah berlangsung di Hotel Lombok Plaza Mataram, 12 Juli 2014 lalu.

‘’Selain rombongan dari BPP HIPMI, Insya Allah juga beberapa pengurus BPD HIPMI dari sejumlah provinsi di Indonesia telah konfirmasi terkait kesediaannya untuk menghadiri acara pelantikan ini. Diantaranya; Alumni Lemhanas, BPD HIPMI Bali, BPD HIPMI NTT, BPD HIPMI Kalimantan Selatan, BPD HIPMI Daerah Istimewa Yogjakarta, BPD HIPMI Jambi, BPD HIPMI Padang, dan BPD HIPMI dari provinsi lainnya,’’ kata Sultan kertapati kepada wartawan saat konferensi pers di Hotel Lombok Raya Mataram, Minggu sore (24/8).

Sultan Kertapati menjelaskan, acara pelantikan calon pengurus BPD HIPMI NTB periode 2014-2017 ini mengambil tema ‘’One Vision to ASEAN Economic Community 2015’’.

Kerjasama bidang ekonomi dalam masyarakat ekonomi ASEAN ini, akan menjadi peluang yang sangat besar. Namun di sisi lain, hal itu juga akan menjadi ancaman atau tantangan yang luar biasa apabila bangsa ini tidak mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi pasar bebas tersebut.

‘’Mulai tahun 2015, para pesaing kita dalam hal ekonomi bukanlah warga kita di sini semata, tapi seluruh warga ASEAN yang terdiri dari sepuluh negara. Mereka semua akan berdatangan ke Indonesia untuk berinvestasi dan mencari pekerjaan. Sehingga kita harus bersiap-siap dalam menghadapi tantangan baru serta persaingan baru dengan beberapa Negara tetangga se-ASEAN itu,’’ ungkapnya.

Karenanya, dalam proses menjalankan roda organisasi seperti HIPMI ini, kata Sultan Kertapati, tidak hanya sekadar menjalankan program semata. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kebersamaan di internal pengurus, baik secara ide dan gagasan yang diaktualisasikan dalam bentuk sharing bisnis dan membangun semangat entrepreneurs.

Pihaknya akan membentuk beberapa program jangka pendek. Seperti gerakan nasional ‘’Ayo Berwirausaha’’. Ini selaras dengan program Pemerintah Provinsi NTB untuk menciptakan 10 ribu wirausaha baru.

Disamping akan menciptakan wirausaha baru, melalui HIPMI yang dipimpinnya ini juga akan terus konsen untuk membina pengusaha muda NTB yang sudah ada. Membentuk klinik entrepreneur (klinik konsultasi bisnis), yang berada dalam naungan BPD HIPMI NTB. Klinik entrepreneurs ini tidak saja diperuntukkan untuk konsultasi bisnis bagi anggota HIPMI, tapi juga bagi pengusaha di luar HIPMI. Membina para UKM (usaha kecil dan menengah), serta mendorong masyarakat untuk terus mencintai produk lokal, sehingga nantinya tidak akan ketergantungan dengan produk luar.

‘’HIPMI juga akan bersinergi dengan pihak perbankan untuk memudahkan dalam mendapatkan akses permodalan,’’ ujarnya sembari menjelaskan, HIPMI ini memiliki nilai persaudaraan yang tinggi, sehingga bisa membangun networking sesama pengurus.

Sementara itu, Minggu malam sekitar pukul 20.00 Wita, pihak panitia pelaksana mengadakan Gala Dinner dan ramah tamah dengan para tamu undangan, baik dari BPP HIPMI, BPD HIPMI sejumlah provinsi, BPC HIPMI se-NTB maupun para calon pengurus BPD HIPMI NTB periode 2014-2017 di taman dekat kolam Hotel Lombok Raya Mataram.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *