Upacara HUT TNI Berlangsung Khidmat

Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Arm Kuat Budiman. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Arm Kuat Budiman. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)
Danrem 162 Wira Bhakti, Kolonel Arm Kuat Budiman. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – ‘’Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia (TNI)’’ yang dicintai dan dibanggakan. Itulah ungkapan pertama Panglima TNI, Jenderal Moeldoko dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Korem (Danrem) 162 Wira Bhakti, Kolonel Arm Kuat Budiman pada apel HUT TNI ke-69 yang dipusatkan di Lapangan Tugu Selong, Lombok Timur, Selasa (07/10).

Melalui upacara peringatan HUT TNI ke-69 yang berlangsung khidmat itu, panglima TNI mengajak seluruh jajaran TNI untuk merefleksi kemajuan yang telah dicapai dari perjalanan sebelumnya. ‘’Mari kita refleksikan kemajuan yang dicapai selama ini, guna mencapai kemajuan yang lebih berarti,’’ katanya.

Termasuk juga mengajak seluruh jajarannya untuk dapat  memaknai filsafat dan hakekat hari jadi TNI ke-69 ini. ‘’Mari kita refleksikan dan evaluasi hasil kerja TNI di usia ke-69, dalam meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa dan sebagai unsur keamanan dan pertahanan Negara,’’ ungkapnya.

Salah satu cara mengimplementasikan kinerja TNI selama ini, yang ditunjukkan dengan ketaatan dan kebaikan untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

‘’Pada hakekatnya, kegiatan ini salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat,’’ paparnya sembari menjelaskan, dalam perayaan HUT TNI ke-69, mengambil tema ‘’Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Masyarakat’’.

Moeldoko juga dalam sambutannya mengatakan, pada hakekatnya TNI sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit yang cinta negara, cinta bangsa, cinta rakyat dan cinta kehidupan. Yang makna kepatriotannya ditujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI, secara profesional menuju Indonesia yang aman dan sejahtera.

‘’Profesionalisme TNI merupakan salah satu substansi visi TNI dalam pembangunan dan pengembangan kapasitas TNI, yang diamanatkan dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan pembangunan nasional. Dengan kebanggaan, kecintaan dan kepercayaan atas kekuatan sendiri, yang terus dikembangkan dalam menghadapi globalisasi yang berkembang dinamis di semua sisi kehidupan,’’ jelasnya.

TNI terus membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap konsep bangsa, untuk meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional.

Setiap prajurit dan PNS TNI, lanjutnya, dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat, di atas kepentingan pribadi. Sehingga, dirinya mengajak seluruh prajurit TNI dapat memaknai hakekat HUT TNI ini, dengan tekad dan janji meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.(DIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *