Tiga Warga Lotim Diselundupkan jadi TKW ke Dubai

DITAMPUNG: Para calon TKW saat ditampung di tempat penampungan di Jakarta. (Ilustrasi/Lomboktoday.co.id)
DITAMPUNG: Para calon TKW saat ditampung di tempat penampungan di Jakarta. (Ilustrasi/Lomboktoday.co.id)
DITAMPUNG: Para calon TKW saat ditampung di tempat penampungan di Jakarta. (Ilustrasi/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Tiga warga asal Lombok Timur diselundupkan menjadi calon tenaga kerja wanita (TKW) ke Dubai.  Ketiga orang tersebut, diantaranya satu orang dari Aikmel dan dua orang dari Wanasaba.

Ironisnya, pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (STT) Lotim baru mengetahui setelah tiga warga itu naik pesawat maskapai penerbangan Lion Air di Bandara International Lombok (BIL), pada Rabu kemarin (15/4), sekitar pukul 17.40 Wita.

Ketiga calon TKW yang diselundupkan bekerja ke Dubai itu, diberangkatkan oleh oknum calo, Eka, dari PT Karya Pesona. Karenanya, Dinas STT Lotim harus memproses kasus ini sesuai aturan yang ada. Tak hanya itu, Dinas STT Lotim juga harus segera membatalkan pemberangkatan ketiga orang TKW itu.

‘’Tiga calon TKW yang berhasil diselundupkan untuk bekerja ke Dubai melalui BIL itu, saat ini sedang berada di Jakarta,’’ kata Kepala Seksi Informasi dan Penempatan Pasar Kerja Dinas STT Lotim, L Sadli Bahtiar kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/4).

Sadli mengatakan, pihaknya memperoleh informasi mengenai masalah adanya tiga calon TKW yang diselundupkan ke Dubai dari salah seorang warga di Wanasaba. Sehingga, informasi itu kemudian ditindaklanjutinya, dengan melakukan koordinasi ke pihak KP3 BIL.

Namun, dari hasil koordinasi tersebut, ketiga calon TKW itu sudah berada di dalam pesawat dan pintu pesawat sudah tertutup. Itu sebabnya, petugas tidak bisa mencegahnya. Apalagi, keberangkatan mereka dari BIL ke Jakarta itu, memiliki surat resmi.

‘’Begitu kami terima informasi, kami langsung hubungi pihak KP3 BIL untuk menggagalkan keberangkatan ketiga calon TKW itu, tapi tidak berhasil. Karena itu, kami akan berkoordinasi dengan penyidik di Jakarta untuk membatalkan keberangkatan ketiga calon TKW yang akan diselundupkan bekerja ke Dubai itu,’’ ungkapnya.

Sadli menjelaskan, dari hasil investigasi yang dilakukannya, penyelundupan TKW untuk bekerja ke luar negeri, setiap minggu dan bulan selalu ada dilakukan oleh oknum calo berpengalaman di lapangan. Sehingga sangat sulit dideteksi.

Apalagi permainannya sangat cantik dengan modus berangkat melalui BIL ke Jakarta, dan surat-surat keberangaktannya ke luar negeri itu diurus di Jakarta. Padahal, pengiriman TKI/TKW ke Negara Timur Tengah, untuk sementara waktu ditutup. Namun, para oknum calo masih saja memanfaatkan kesempatan ini untuk memberangkatkan para calon TKW secara illegal.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.