KMP Kormomolin Kandas di Gili Lampu

KANDAS: Kapal Ferry KMP Kormomolin yang kandas di wilayah perairan Lombok Timur. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
KANDAS: Kapal Ferry KMP Kormomolin yang kandas di wilayah perairan Lombok Timur. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kapal Ferry KMP Kormomolin kandas di Gili Lampu, yang merupakan wilayah perairan Lombok Timur saat melakukan perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa menuju Pelabuhan Khayangan Lotim, pada Minggu dini hari (18/10), sekitar pukul 03.30 Wita.

Beruntungnya dalam musibah itu tidak ada korban jiwa. Dan saat ini, tim dari pihak ASDP Khayangan bersama Polair Polda NTB berusaha untuk menarik kapal itu, tapi belum berhasil.

Sampai saat ini, pihak ASDP Khayangan belum mengetahui penyebab kandasnya KMP Kormomolin itu, mengingat sampai saat ini masih dalam proses evakuasi.

Informasi yang dihimpun Lomboktoday.co.id menyebutkan, kasus terdamparnya KMP Kormomolin itu bermula dari adanya laporan masyarakat yang diberikan kepada petugas di Pelabuhan Khayangan. Dimana, KMP Kormomolin saat itu dinahkodai oleh Kapten Munawir Anwar, yang berangkat dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa menuju ke Pelabuhan Khayangan Lotim dengan membawa 40 orang penumpang, 18 orang ABK, 21 unit kendaraan roda empat dan dua unit kendaraan roda dua.

KMP Kormomolin itu saat masuk wilayah perairan Lotim, tiba-tiba tidak bisa berjalan. Setelah diperiksa, ternyata KMP itu kandas, dan langsung dilaporkan ke pihak ASDP Khayangan maupun Poto Tano untuk dilakukan evakuasi.

Melihat KMP itu yang sedang kandas, kontan saja membuat para penumpang menjadi panik. Beruntungnya para ABK segera berusaha menenangkan para penumpang tersebut agar tidak panik. Tak berapa lama setelah itu, petugas dari Direktorat Polair Polda NTB datang untuk mengevakuasi para penumpang tersebut.

Setelah itu, pihak ASDP berusaha untuk menarik KMP yang kandas itu menggunakan kapal lainnya. Tapi tidak berhasil karena air sedang surut. Meski begitu, pihaknya tetap terus berupaya untuk menarik KMP tersebut.

Manager PT ASDP Khayangan, Rudy Mahmudi saat dikonfirmasi membenarkan adanya KMP Kormomolin kandas di perairan Lotim. Dan pihaknya telah berusaha untuk menarik KMP tersebut, tapi tidak berhasil lantaran air masih sedang surut. ‘’Kami belum terima laporan pastinya penyebab kandasnya KMP Kormomolin itu,’’ katanya.(SR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *