Siapa Yang Coba Ganggu Pelaksaan Pilkades Serentak di KSB Akan Ditindak Tegas

Bupati Sumbawa Barat, H. W Musyafirin saat menjadi inspektur upacara.
Bupati Sumbawa Barat, H. W Musyafirin saat menjadi inspektur upacara.

Oleh: Fajar Ngudi P. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Pemerintah Daerah setempat melaksanakan apel gelar kesiapan pengamanannya.

Bupati Sumbawa Barat, H. W Musyafirin bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel yang diikuti oleh lebih dari 200 personel terdiri dari unsur TNI, Polri dan ASN. Pelaksanaan apel tersebut digelar di halaman Graha Fitrah Komplek KTC, Jumat siang (18/10).

Pilkades serentak di KSB rencananya akan dilaksanakan pada Ahad (20/10). Tercatat total calon Kades yang berkompetisi sebanyak 77 orang di 60 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 32 desa pada 7 kecamatan di KSB, dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 3.1742 pemilih.

Dalam kesempatan itu, Bupati Musyafirin menyampaikan,  beberapa penekanan untuk dipedomani bersama dalam melaksanakan tugas pengamanan Pilkades serentak 2019 di KSB. Pertama, menjalin hubungan baik bersinergitas antara unsur pemerintah, TNI/Polri, dan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas. Kedua, kenali, cari, temukan dan atasi serta netralisir potensi kerawanan agar tidak berkembang dan menggangu penyelenggaraan Pilkades.

Suasana apel gelar kesiapan pengamanan Pilkades 2019 di KSB, yang digelar di halaman Graha Fitrah Komplek KTC, Jumat siang (18/10).

Ketiga, tindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku terhadap pihak-pihak yang mencoba mengganggu kelancaran Pilkades serentak 2019. Keempat, aparat keamanan, khususnya Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan untuk menjaga netralitas, diharapkan mampu menenangkan masyarakat agar tidak terprovokasi dengan berita bohong termasuk dengan politik identitas yang bisa memecah belah masyarakat dan merusak kondusifitas daerah.

Bupati Musyafirin mengajak masyarakat untuk bersama-sama mempertahankan KSB sebagai kabupaten paling aman dan kabupaten zero horizontal conflict di Provinsi NTB.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin; Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Barat, H Abdul Azis; Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa; Dandim 1628/KSB, Letkol CZI Eddy Oswaronto; dan Kejari Sumbawa Barat, Nursiwan.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *