Nasrudin Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua PWI NTB 2020-2025

Pengurus PWI NTB periode 2020-2025 foto bersama usai dikukuhkan oleh Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat, Akhmad Munir.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOTIM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sudah diprediksi sejak awal, H Nasruddin bakal menjabat sebagai Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) NTB periode 2020-2025. H Nasrudin terpilih secara aklamasi sebagai Ketua PWI NTB periode 2020-2025 dalam Konferensi PWI NTB, yang berlangsung di Hotel Green Orry Inn, Tete Batu Selatan, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Sabtu (29/2).

Terjadi sedikit perdebatan dalam proses pelaksanaan tata tertib (tatib) pemilihan. Namun, hal itu dapat dikendalikan meski sejumlah peserta masih belum merasa puas. Dalam proses penentuan calon ketua, tak satupun calon lain yang bersedia menjadi rival terhadap Plt Ketua PWI NTB sebelumnya itu. Karena seluruh peserta hak pilih yang berjumlah lebih dari 36 suara itu, memberikan dukungan penuh kepada incumbent.

Nasrudin yang juga wartawan senior RRI Mataram itu sebagai calon tunggal. Sehingga tim panitia pemilihan langsung menunjuknya untuk menduduki posisi Ketua PWI NTB untuk kali kedua.

H Ismail Husni, bos Lombok Post sebagai ketua sidang pleno langsung mempersilakan Nasrudin untuk berdiri sebagai calon tunggal dan terpilih sebagai ketua untuk kali keduanya.

Usai penetapan Ketua PWI NTB terpilih, tim formatur yang terdiri dari; H Nasrudin, Akhmad Munir, Jamhur Husain, H Mokh Nasuhi, dan Alfian Yusni langsung menggelar rapat tertutup untuk menyusun kepengurusan PWI NTB periode 2020-2025.

Adapun susunan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nusa Tenggara Barat (NTB) periode 2020-2025 sebagai berikut:

Dewan Kehormatan Daerah Provinsi NTB

Ketua : H Ismail Husni

Sekretaris : H Agus Talino

Anggota : H Achmad Sukisman Azmy, H Mokh Nasuhi, M.Si., Dra Teguh Yuli Astuti, MM.

Ketua : H Nasrudin

Wakil Ketua Bidang Organisasi : H Abdus Syukur

Wakil Ketua Bidang Media Siber/Multimedia : Alfian Yusni

Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan : Arul Azwar

Wakil Ketua Bidang Pendidikan : H Rudi Hidayat

Wakil Ketua Bidang Kesra : Desak Putu Raka Akriyani

Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Antar Lembaga : H Abdul Muis, M.Si

Wakil Ketua Koordinator Pulau Sumbawa : Jamhur Husain

Sekretaris : H Rachman Hakim

Wakil Sekretaris : Haliluddin

Wakil Sekretaris : Izzul Khairi

Wakil Sekretaris : Nency Dwinana

Bendahara : Ahmad Ikliluddin

Wakil Bendahara : Marham

Seksi – seksi : 

  1. Wartawan Olahraga (SIWO) Ketua: Joni Marthadinata. Anggota : Yogi Hadi Iswanto, Purwandi, Hidayatul Wathoni, Afandi
  2. Wartawan Polhukam : Muhammad Azhar, Fahrul Mustofa, Arif Rahman, Hayatun Sopian, Ratna Dewi
  3. Wartawan Ekonomi : Kusmayadi, Ahmad Bulkaini, Awaludin, Lukman
  4. Wartawan Pariwisata : Sigit Setyo Lelono, Agus Santosa, Suhaedi, Abdul Rasyid Zaenal, Mujtahidin
  5. Wartawan Pendidikan dan Budaya : H Toni Edy Wibowo, H Muludin, H Riyanto Rabah, Sahwaas, Fitriani Agustina
  6. Wartawan Elektronik/Media Online : Zulhakim, Ahmad Yani, Widiyanto, M Tajir Asyjar
  7. Seksi Pembelaan Wartawan : Islamudin, Imaduddin, SH., M Ridho Rahzen, H Bur Solihin, Zainal Arifin

Usai tim formatur menyusun kepengurusan PWI NTB periode 2020-2025, kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan yang dilakukan oleh Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat, Akhmad Munir.

Ketua Dewan Kehormatan Daerah PWI NTB, H  Ismail Husni mengatakan, dengan telah dikukuhkannya pengurus PWI NTB periode 2020-2025 ini, setidaknya sebagai tonggak awal untuk melangkah lebih kencang dari sebelumnya. Dia meyakini PWI NTB ke depan tidak akan terpuruk lagi.

‘’Pengurus PWI NTB yang baru ini sudah menandatangani fakta integritas dan kami yakin akan bekerja semaksimal mungkin membawa PWI NTB menjadi lebih profesional dan bermartabat,’’ kata Ismail Husni.

Diketahui pula, bahwa PWI NTB belum memiliki kantor sekretariat. Sehingga targetnya dalam 2 tahun ke depan harus sudah memiliki kesekretariatan.

‘’Nakhodanya kuat tapi kapalnya belum ada. Jadi, target 2 tahun ini PWI NTB harus sudah memikirkan membentuk panitia pembangunan kantor sekretariat,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Daerah PWI Pusat, Akhmad Munir lebih berharap banyak pengurus baru sesegera mungkin membangun kantor kesekretariatan. Tugas utama menjadi prioritas pengurus terpilih dalam mengakselerasi koordinasi antar pengurus lainnya. ‘’Saya yakin ini akan sukses. Dan auranya kompak, energinya kuat, solidaritas baik. Gabungkan potensi ini menjadi kekuatan bersama,’’ kata Munir menyemangati.

Sesuai khittoh, ia menginginkan wartawan professional dan akan menjadikan wartawan yang sehat. Di lain sisi, Munir juga berjanji bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) akan dilaksanakan di masing-masing wilayah di kabupaten/kota di NTB.

PWI NTB dapat memberikan pendampingan dan literasi baru bagi keberadaan wartawan yang baru dalam menjaga ekosistem sistem pembinaan. Sehingga menjadi wartawan yang baik dan professional. ‘’Inilah tantangan kita bersama. Kita ini bergerak dalam dunia disterupsi baik secara kelembagaan maupun SDM-nya. Jaga kerukunan dan kekompakan. Itu kunci utama,’’ ujarnya.

Sedangkan Ketua PWI NTB terpilih, H Nasrudin meyakini keanggotaan pengurus PWI NTB periode ini akan dapat bersinergi dengan lebih baik. Namun, ia berjanji akan siap melakukan koordinasi bersama pengurus lainnya guna membentuk tim yang solid dalam keorganisasian PWI NTB. ‘’Saya mengajak semua pengurus yang baru untuk lebih bersinergi dalam bingkai kesatuan dan persatuan,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply