Jadi Pusat UTBK 2020, Ini Jadwal dan Ketentuan Unram di Masa Pandemi Covid-19

Wakil Rektor (WR) I Universitas Mataram (Unram), Agusdin, SE., M.BA., D.B.A.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah ditutup. Sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ditunjuk selaku Pusat UTBK 2020, Universitas Mataram (Unram) meneruskan edaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun 2020 pada kondisi normal baru (New Normal).

Waki Rektor (WR) I Bidang Akdemik Unram, Agusdin, S.E., M.B.A., D.B.A., Sabtu (27/6), mengungkapkan bahwa pelaksanaan UTBK pada kondisi new normal, harus mengutamakan kesehatan dan keselamatan serta harus memperhatikan status perkembangan Pandemi Covid-19. ‘’Semua komponen yang terlibat dalam UTBK 2020 yang dilaksanakan oleh Unram, harus menerapkan standar protocol kesehatan secara ketat. Hal itu diharuskan untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi Covid-19, termasuk demi keselamatan peserta dan penyelenggara,’’ katanya.

Dikatakan, sesuai arahan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta arahan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait pelaksanaan UTBK 2020. ‘’Pelaksanaan tes UTBK per hari diubah dari empat sesi menjadi dua sesi, sesi pertama dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.15 Wita sedangkan sesi kedua dilaksanakan mulai pukul 14.00 hingga 16.15 Wita,’’ ujarnya sembari mengatakan bahwa jeda waktu dua jam 45 menit digunakan untuk pelaksanaan protokol kesehatan saat pergantian sesi.

Selain itu, lanjut Agusdin, tes UTBK pun akan dilaksanakan dalam dua tahap yakni tahap pertama pada 5-14 Juli dan tahap kedua pada 20-29 Juli 2020. Sedangkan terkait hasil SBMPTN akan diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2020.

Sementara itu, dalam siaran pers LTMPT Nomor 09/sipers/ltmpt/VI/2020 tertanggal 24 Juni 2020 yang ditandatangani Ketua LTMPT, Mohammad Nasih, pada poin tiga disebutkan bahwa peserta yang masih berada (berdomisili) di luar provinsi/kabupaten/kota dan tidak dapat hadir di lokasi Pusat UTBK PTN tempat tes, karena alasan keselamatan dan kesehatan serta Pusat UTBK yang belum dapat menyelenggarakan tes karena satu dan lain hal, akan mengikuti tes UTBK di lokasi Mitra UTBK Tambahan di daerah setempat.

‘’Untuk Pusat UTBK Universitas Mataram sudah ditetapkan lokasi tesnya di bagi dua yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Bagi peserta tes yang memilih lokasi tes di Pulau Lombok, maka lokasi tesnya kita pusatkan di Unram, sedangkan bagi yang memilih lokasi tes di Pulau Sumbawa Unram sudah menjalin kemitraan dengan SMKN 1 Sumbawa, SMKN 2 Sumbawa, SMKN 3 Sumbawa, dan SMAN 1 Sumbawa,’’ jelas Agusdin.

Lebih lanjut WR I Unram menyampaikan, mengingat pelaksanaan tes UTBK tinggal menghitung hari, maka diharapkan kepada peserta tes, agar terus memantau dan atau mencari informasi waktu pencetakan Kartu Tanda Peserta Baru melalui laman resmi LTMPT atau laman unram.ac.id. ‘’Silahkan login (masuk, Red) kembali ke portal LTMPT untuk mencetak Kartu Tanda Peserta Baru, termasuk untuk mengetahui waktu pencetakannya karena hal itu akan diinformasikan melalui laman LTMPT tersebut,’’ katanya.(Sid)

Kirim Komentar

Leave a Reply