Lomba Kampung Sehat di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Dampak Positifnya

Lomba Kampung Sehat membuat masyarakat di Desa Taman Indah, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Loteng, semakin produktif.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

LOTENG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Sejak dilaunchingnya lomba ‘’Kampung Sehat’’ oleh Kapolda NTB, Irjen Pol Muhammad Iqbal pada Juni lalu, seluruh desa di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mulai berlomba dan berbenah. Sehingga hal tersebut menjadikan masyarakat di masing-masing desa semakin produktif.

Seperti yang disampaikan oleh Kapolsek Pringgarata, AKP Suherdi, bahwa kegiatan lomba Kampung Sehat ini menjadikan masyarakat semakin produktif. Salah satunya masyarakat Desa Taman Indah, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Loteng. Upaya warga Desa Taman Indah dalam mengikuti lomba Kampung Sehat, merupakan bukti keseriusan dalam menghadapi Tatanan Kehidupan Baru atau New Normal Life. Walaupun sedang dilanda Pandemi Covid-19, hal itu tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam berkreasi. ‘’Dalam mengikuti lomba Kampung Sehat, warga sudah membentuk Kelompok Tani Budidaya Jamur Tiram dan membuat kerajinan dari anyaman bambu,’’ kata Suherdi.

Omzet per bulan warga dari budidaya Jamur Tiram dan membuat kurungan ayam dari anyaman bambu, sudah tidak diragukan lagi, walapun warga hanya baru bisa memasarkan produknya di pasar traditional. Tak hanya itu, warga Desa Pandan Indah juga membudidayakan tanaman hidroponik itu merupakan bukti bahwa masyarakat sudah semakin produktif. ‘’Budidaya jamur, produksi anyaman bambu dan budidaya hidroponik merupakan program unggulan dari Desa Taman Indah,’’ ujarnya.

Seluruh desa di Kecamatan Pringgarata sangat antusias dalam mengikuti lomba Kampung Sehat. Sehingga dari pihak Pemerintah Kecamatan sangat berharap nantinya ada salah satu Desa perwakilan yang maju di tingkat kabupaten maupun provinsi.(Sid/hmspoldantb)

Kirim Komentar

Leave a Reply