Virtual Ride & Run; Cara Unik GDM AGRI Bela Buruh Petani Indonesia

GDM AGRI mengadakan aksi donasi yang dikemas dalam kegiatan olahraga bersepeda dan berlari secara virtual ‘’Jaga Pangan 2020 Virtual Ride & Run’’.
GDM AGRI mengadakan aksi donasi yang dikemas dalam kegiatan olahraga bersepeda dan berlari secara virtual ‘’Jaga Pangan 2020 Virtual Ride & Run’’.

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – GDM AGRI, e-commerce agribisnis yang tengah bertumbuh asal Kota Pahlawan, mempunyai cara unik dalam membela para pahlawan pangan di masa pandemi. GDM AGRI mengadakan aksi donasi yang dikemas dalam kegiatan olahraga bersepeda dan berlari secara virtual ‘’Jaga Pangan 2020 Virtual Ride & Run’’. Donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada para buruh petani di wilayah-wilayah pelosok Indonesia melalui kerjasama dengan Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB).

Seperti diketahui sebelumnya, lembaga non-profit YBBB ini memiliki kredibilitas dalam menyalurkan donasi publik, sehingga diharapkan kolaborasi ini bisa semakin menyasar buruh petani yang terdampak. Selain kolaborasi dengan YBBB dari segi penyaluran, GDM AGRI juga menggandeng beberapa komunitas agar ajakan ‘’Jaga Pangan 2020 Virtual Ride & Run’’ semakin tersebar luas ke masyarakat, antara lain; komunitas Aku Petani Indonesia, Indonesia Bersepeda, dan Kediri Bersepeda.

Sebagai e-commerce yang berada di balik distribusi panen petani, GDM AGRI menyadari bahwa selama pandemi, buruh petani menjadi pihak yang merugi karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga berdampak pada panen yang tidak terserap sempurna oleh pasar. Hal ini mengakibatkan kebutuhan pokok mereka juga tidak terpenuhi karena kurang maksimal menjual hasil panen. Jika para petani kehilangan asa untuk terus menanam, maka ini akan menjadi awal bencana krisis pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

‘’GDM AGRI terus berupaya menunjukkan keberpihakan kepada para petani dan buruh petani sebagai garda terdepan ketahanan pangan Indonesia selama pandemi. Kita harus terus berada di pihak mereka, memperhatikan kepentingan mereka, agar asa mereka terus panjang. Salah satunya ya dengan kegiatan yang mengusung semangat ‘’Jaga Pangan 2020’’ ini. Sama-sama menjaga dengan peran masing-masing,’’ kata Diah Sulung Syafitri, Project Coordinator Jaga Pangan 2020 Virtual Ride & Run, ketika dihubungi melalui komunikasi WhatsApp (WA).

Teknis pelaksanaan acara ini juga terbilang unik. Tidak seperti acara bersepeda dan berlari pada umumnya yang memiliki rute khusus dan harus selesai dalam satu waktu, GDM AGRI justru membebaskan rute yang akan ditempuh serta memberi waktu hingga satu bulan untuk menyelesaikan misi jarak. ‘’Mengacu pada protokol kesehatan Covid-19 yakni physical distancing, kami membuat teknis pelaksanaan yang memudahkan peserta bisa bersepeda dan berolahraga secara mandiri tanpa harus bergerombol. Misalnya jika ada yang terbiasa pulang pergi kantor dengan bersepeda, itu akan sangat membantu mencapai misi jarak. Bisa nyicil setiap hari,’’ ujarnya.

GDM AGRI membuat semua orang bisa berpartisipasi membela kepentingan petani dengan cara yang unik dan menyenangkan melalui kegiatan berolahraga. Semakin banyak yang ikut, tentunya semakin banyak buruh petani yang akan terbantu melalui donasi ‘’Jaga Pangan 2020’’.(Sid/dss/gdmagri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *