Seorang Warga Desa Anyar Tengelam di Pantai Jumbrik Gegara Perahu Terbalik

Tim SAR gabungan dari Pos Siaga SAR Bangsal, Pos TNI AL Gili Matra Bangsal, Babinsa Koramil Bayan, Babinkamtibmas Polsek Bayan, Dinas Perhubungan KLU, Tagana saat melakukan pencarian korban tenggelam.
Tim SAR gabungan dari Pos Siaga SAR Bangsal, Pos TNI AL Gili Matra Bangsal, Babinsa Koramil Bayan, Babinkamtibmas Polsek Bayan, Dinas Perhubungan KLU, Tagana saat melakukan pencarian seorang warga Desa Anyar yang menjadi korban tenggelam.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Seorang warga Dusun Srimenganti, Desa Anyar, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU) tenggelam di Pantai Jumbrik Dusun Barung Birak, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, KLU, pada Minggu kemarin (2/8). ‘’Bapak Made Susila, Kasat Pol Air Lombok Utara menginformasikan ke kami tadi pagi bahwa kemarin malam ada seorang warga Desa Anyar yang tenggelam di Pantai Jumbrik. Korban atas nama Sirnadi (47 tahun), tenggelam akibat perahu yang digunakannya terbalik,’’ kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas Mataram), Nanang Sigit PH, di Mataram, Senin (3/8).

Menindak lanjuti laporan yang diterima, Basarnas Mataram mengerahkan tim Rescue Pos Siaga SAR Bangsal untuk melakukan pencarian. Berdasarkan laporan dari Kasat Pol Air Lombok Utara, korban, Sirnadi bersama temannya atas nama Ritanom pergi memancing dengan menggunakan perahu bermesin berukuran sekitar lima meter berbahan fiber. Mereka berangkat Minggu malam sekitar pukul 20.00 wita dari Pantai Labuhan Carik menuju perairan Pantai Nurul Bayan dan selanjutnya pindah lokasi ke Pantai Jumbrik. Sekitar pukul 23.30 Wita, perahunya tiba-tiba terbalik dan mereka berusaha menuju pantai dengan cara berenang.

Ritanom (pelapor) tiba terlebih dahulu di tepi pantai dan selanjutnya beristirahat sembari menunggu korban yang belum tiba. Selang 15 menit kemudian, Ritanom mulai merasa cemas karena korban tidak kunjung tiba dan ia melakukan pencarian dari pesisir pantai Jumbrik hingga Labuhan Carik, namun tidak membuahkan hasil. Akhirnya, teman korban tersebut memberitahukan ke anggota keluarganya dan diteruskan ke pihak terkait untuk meminta bantuan.

Sampai dengan berita ini diturunkan, tim SAR gabungan dari Pos Siaga SAR Bangsal, Pos TNI AL Gili Matra Bangsal, Babinsa Koramil Bayan, Babinkamtibmas Polsek Bayan, Dinas Perhubungan KLU, Tagana, masyarakat/nelayan setempat dan unsur terkait lainnya masih melakukan pencarian.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *