WR II Unram Lantik Arsiparis Fakultas Pertanian

WR II Unram, Prof Dr Kurniawan saat melantik Pejabat Fungsional Kearsipan Fakultas Pertanian, di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Unram, Kamis (6/8).
WR II Unram, Prof Dr Kurniawan saat melantik Pejabat Fungsional Kearsipan Fakultas Pertanian, di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Unram, Kamis (6/8).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID – Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Mataram (Unram), Prof Dr Kurniawan, S.H., M.Hum atas nama Rektor Unram, Prof HL Husni melantik Pejabat Fungsional Kearsipan Fakultas Pertanian, di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Unram, Kamis (6/8).

Dalam sambutan pelantikan, WR II Unram, Prof Kurniawan mengingatkan peran strategis kearsipan dalam sebuah organisasi. ‘’Arsiparis memiliki tanggung jawab besar atas tugas kearsipan, mengingat arsip merupakan rahasia negara, sehingga sangat penting untuk mengampil sumpah dari pengelolanya. Ke depan, dengan arsip ini kita berharap bisa melaksanakan dengan aplikasi system,’’ katanya.

Menurutnya, proses tata kelola kearsipan perlu terus dibenahi dan ditingkatkan. Terlebih di era digitalisasi yang menuntut kecepatan dan ketepatan. ‘’Kami mengharapkan ke depan arsip ini dibawa ke ranah digital,’’ ucapnya.

Untuk diketahui, pejabat yang dilantik menempati posisi jabatan Arsiparis Fakultas Pertanian yakni Salahudin, A.Md., yang diangkat sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor: 39405/A3/KP/2020 tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Arsiparis Melalui Penyesuaian/Inpassing. Karena itu, pihaknya atas nama Rektor Unram berharap agar pejabat yang baru saja dilantik, yang merupakan lulusan D-III Bidang Teknik Komputer, mengawali pentataan serta pengelolaan kearsipan secara online (daring) di Fakultas Pertanian Unram. ‘’Sehingga ke depan Fakultas Pertanian Unram bisa memberikan contoh bagi fakultas-fakultas lain,’’ ujarnya.

Adapun pelaksanaan pelantikan pejabat fungsional tersebut, dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Pandemi Covid-19 seperti penggunaan masker, pemakaian handsanitizer sebelum memasuki ruangan, dan menjaga jarak (physical distancing).(Sid/forta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *