Kompetisi Debat Mahasiswa Unram Tahun 2020 Digelar Secara Daring

Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan Unram, Prof Dr Kurniawan, SH., M.Hum.
Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan Unram, Prof Dr Kurniawan, SH., M.Hum.

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

MATARAM, LOMBOKTODAY.CO.ID National University Debating Championship (NUDC) tingkat Universitas Mataram atau Unram telang usai digelar. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tahun ini, disesuaikan dengan protokol kesehatan penanganan Pandemi Covid-19 yakni digelar secara daring melalui kanal Youtube dan Zoom Meeting.

Rektor Universitas Mataram (Unram), Prof HL Husni melalui Wakil Rektor (WR) II Bidang Umum dan Keuangan Unram, Prof Dr Kurniawan, SH., M.Hum. yang berhasil ditemui media, Sabtu (25/7), mengungkapkan bahwa Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia tingkat Unram telah digelar pada 22-24 Juli 2020. Di mana, pelaksanaannya melalui kanal Youtube dan Zoom Meeting.

‘’Alhamdulillah, untuk internal Unram secara resmi telah dibuka Pak Rektor dan sudah berlangsung selama tiga hari. Kompetisi tingkat Unram ini dimaksudkan untuk menjaring peserta debat terbaik, yang nantinya akan mewakili Unram pada kancah NUDC tingkat Nasional,’’ katanya.

Dikatakan, dalam kompetisi debat mahsiswa itu dituntut penguasaan global para peserta, dalam menganalisa dan mem- judgement suatu permasalahan untuk meyakinkan publik. ‘’Sebab dalam debat mahasiswa akan dihadapakan pada persoalan riil yang dihadapi masyarakat, bangsa, dan negara, seperti isu seputar ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, seni dan lain-lain. Karenanya, sebagai kaum intelektual yang merupakan the man of analysis mahasiswa dituntut memiliki wawasan yang luas,’’ ujarnya.

Guru Besar Fakultas Hukum Unram termuda itu menjelaskan, ada beberapa aspek penilaian yang harus dilalui oleh para kandidat baik di tingkat universitas dan wilayah maupun tingkat nasional, dua di antaranya adalah kemampuan menganalisa dan berargumentasi. ‘’Kandidat harus memiliki kemampuan best speaker atau lihai dalam berbicara atau menyampaikan hasil analisanya. Kemampuan ini harus terus diasah oleh masing-masing kandidat. Jadi, tinggal menunggu hasil siapa-siapa yang akan mewakili Unram ke tingkat selanjutnya,’’ katanya.

Untuk diketahui, total peserta Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia tingkat Unram diikuti 13 tim dengan rincian tujuh tim utusan fakultas, tiga tima utusan program studi (prodi),dua tim utusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Argument, dan satu tim diutus UKM Prima. Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia bertujuan meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi, meningkatkan kemampuan berbahasa atau berkomunikasi mahasiswa, menciptakan kondisi yang sehat antar mahasiswa, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk berfikir kritis yang kreatif, serta mengasah soft skill mahasiswa agar menjadi lebih baik.(Sid/forta)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *