Dandim 1628/SB Instruksikan Jajaran Tanggap dan Imbau Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrim

Suasana pembersihan batu-batuan dan pasir di jalan raya jalur Benete—Jereweh akibat dampak dari terkikisnya kultur tanah oleh derasnya air dari arah gunung dengan menggunakan alat manual, pada Jumat (15/1).

Oleh: Abdul Rasyid Z. |

SUMBAWA BARAT, LOMBOKTODAY.CO.ID – Intesitas hujan yang cukup tinggi sejak tadi malam hingga siang hari di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah menyebabkan beberapa titik mengalami genangan air dan longsor di beberapa ruas jalan. Seperti di Benete, Kecamatan Maluk; lintas jalan raya Bertong, Kecamatan Taliwang

Terkait hal tersebut, Dandim 1628/SB, Letkol CZI Sunardi menginstruksikan Koramil jajarannya untuk memantau, melaporkan dan turun membantu masyarakat sekitar seperti yang dilaksanakan Danpos Ramil Maluk, Pelda Bambang; Babinsa Benete, Serda Ihwan Hadu; dan Babinsa Mantun, Serda Solikhin bersama rekan dari Polsek, Kades Benete, Ketua BPD, Kadus Dusun Jereweh, melaksanakan pembersihan batu-batuan dan pasir di jalan raya jalur Benete—Jereweh akibat dampak dari terkikisnya kultur tanah oleh derasnya air dari arah gunung dengan menggunakan alat manual, pada Jumat (15/1).

Selain itu, Dandim 1628/SB mengimbau kepada anggota dan keluarganya serta masyarakat agar mewaspadai cuaca yang kurang bersahabat, sehingga mengurangi risiko timbulnya korban jika terjadi bencana alam akibat tingginya intesitas hujan. ‘’Kita tidak ingin bencana terjadi, namun kita tetap mewaspadai kondisi cuaca yang ada,’’ kata Dandim.

Ketika terjadi bencana, pihaknya berharap semua stakeholders terkait agar terus berkoordinasi serta siap bersinergi untuk segera tanggap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak jika dibutuhkan dalam penanganannya.

Dandim juga kembali mengingatkan untuk tidak menebang pohon secara liar. Tapi budayakan menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan. ‘’Bersihkan saluran parit, selokan yang tersumbat, agar bahaya banjir dan longsor tidak terjadi saat musim hujan dating,’’ ujarnya.(Sid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *