Awas…! Bupati, Wabup dan Sekda Lotim Bisa Pantau Anak Buah 24 Jam

kadis kominfo lotim
Kadis Kominfo Lotim, Ahmad Masfu.

LOMBOK TIMUR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Mulai awal 2022 mendatang, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy; Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi Sj dan Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim, HM Juaini Taofik bisa memantau anak buah selama 24 jam. Sehingga semua kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Pemkab Lotim) tidak bisa lagi untuk bersantai-santai dengan progress dan laporan capaian kegiatan masing-masing OPD. Pemkab Lotim melalui Dinas Kominfo Kabupaten Lotim kini tengah mempersiapkan perangkat radar pemantau kinerja pejabat daerah.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Masfu saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/7), membenarkan pihaknya sedang mempersiapkan jaringan alat mata-mata pimpinan daerah. Perangkat alat tersebut, kata Masfu, bernama ‘’Command Centre’’.

Perangkat alat ini, lanjut Ahmad Masfu, akan menyiapkan aplikasi khusus bagi tiga pimpinan daerah yakni Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda). Di masing-masing ruangan pimpinan akan disediakan dasboard semacam layar monitor. ‘’Pimpinan bisa melihat langsung progress masing-masing OPD melalui monitor,’’ kata Kadis Kominfo Lotim, Ahmad Masfu.

Masfu menambahkan, setiap hari semua OPD harus mengupdate data kegiatan pada sistem yang akan terpasang di semua OPD. Baik program yang sedang direncanakan, yang sedang berjalan maupun kegiatan yang sudah selesai, sehingga semua data yang dibutuhkan pimpinan sudah terupdate di sistem.

Tak hanya melalui monitor di ruang pimpinan, kata Masfu, namun juga akan ada aplikasi khusus terinstal di HP pimpinan. Sehingga pimpinan kapan saja dan di mana saja bisa memantau kegiatan bawahan. Demikian pula dengan perjalanan kepala OPD, juga setiap saat terpantau melalui sistem GPS pimpinan.

Masfu menambahkan, Command Centre ini akan disiapkan ruangan khusus di kantor Kominfo dengan sejumlah operator. Demikian pula semua OPD harus mengoptimalkan operator yang sudah ada dan bekerja setiap hari mengupload data.

Pengadaan perangkat ini didanai dari APBD Lotim senilai Rp6,8 milar. Dan kini sedang proses tender. Diperkirakan akhir 2021 sudah rampung sehingga awal 2022 mendatang, pengoperasiannya sudah bisa dilounching.(Kml)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *