PT IPI Survei Pilpres 2024 di Kawasan Indonesia Timur

PT IPI
Suasana training dan pembekalan tim surveyor & quality control yang dilakukan oleh PT IPI untuk Kawasan Indonesia Timur, di Cafe Pagi Hari, Jalan Boulevard, Makassar, Sabtu (28/8/2021).

MAKASSAR, LOMBOKTODAY.CO.ID – Lembaga survei asal Sulawesi Selatan, PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) memulai langkahnya menuju kancah nasional melalui riset pemilihan presiden (Pilpres) 2024, khusus untuk Kawasan Timur Indonesia, pada Sabtu (28/8/2021).

Riset preferensi politik masyarakat Kawasan Timur Indonesia ini, dilaksanakan di 17 provinsi meliputi; Pulau Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, kecuali Pulau Bali. ‘’Kenapa harus dari Timur karena PT IPI basisnya di Indonesia Timur. Tujuan survei ini adalah membedah figur-figur potensial yang akan mewakili Kawasan Timur Indonesia di Pilpres 2024 nanti,’’ kata Direktur PT IPI, Suwadi Idris Amir, di Cafe Pagi Hari, Jalan Boulevard, Makassar, usai melakukan pembekalan surveyor.

Cafe ini dijadikan basecamp PT IPI dalam melakukan survei Pilpres 2024 yang rencananya berlangsung mulai hari ini hingga awal September 2021. ‘’Pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara via telpon terhadap 410 responden yang tersebar secara proporsional di 17 Provinsi di Kawasan Timur Indonesia,’’ ujarnya.

Responden dipilih secara acak berdasarkan proporsi data DPT Pilpres 2019, menggunakan metode Multistage Random Sampling. Quality control dilakukan terhadap 30 persen hasil wawancara untuk memastikan surveyor melakukan tugasnya sesuai metode dan standar yang ditentukan. ‘’Dalam survei ini kita juga mengukur aspirasi masyarakat Kawasan Timur Indonesia yang harus diperjuangkan oleh siapapun tokoh yang nanti akan mewakili KTI di Pilpres 2024. Termasuk tingkat kepuasan masyarakat KTI atas kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf juga kita ukur,’’ ungkapnya.(Sid/ipi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here