JMSI Sumsel dan Paguyuban Sinar Mas Rampungkan Vaksinasi Massal Dosis ke-2

Vaksinasi Massal
Suasana vaksinasi massal dosis ke-2 terhadap 1.000 peserta, di Gedung Al-Hijrah, Jalan Sukabangun 1 Kecamatan Sukarame Palembang, pada Selasa (28/9/2021).

PALEMBANG, LOMBOKTODAY.CO.ID – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bekerja sama dengan Paguyuban Sinar Mas serta Keluarga Rimbawan merampungkan vaksinasi massal dosis ke-2 terhadap 1.000 peserta, di Gedung Al-Hijrah, Jalan Sukabangun 1 Kecamatan Sukarame Palembang, pada Selasa (28/9/2021).

Vaksinasi massal tahap II ini sebagai kelanjutan dari vaksinasi tahap I yang digelar sebelumnya pada 31 Agustus lalu.

Dalam kesempatan tersebut, JMSI Sumsel dan mitra juga membagikan Alat Pelindung Diri (APD) dan masker kepada perwakilan Puskesmas sebagai vaksinator vaksin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa yang hadir dalam vaksinasi tersebut mengapresiasi pelaksanaan vaksin tahap ke-2 yang digelar Paguyuban Sinar Mas bekerja sama dengan JMSI Sumsel serta Keluarga Rimbawan.

Menurutnya, program seperti ini adalah program gotong royong yang melibatkan semua pihak, mulai dari masyarakat umum, kalangan swasta hingga jurnalis. Karena itu, program ini sejalan dengan program Pemkot Palembang melalui Dinas Kesehatan Kota Palembang untuk membantu percepatan vaksinasi Covid-19. ‘’Saya mengimbau kepada pihak swasta lainnya untuk menggalakkan donasi seperti ini,’’ imbaunya.

Diakuinya bahwa untuk vaksin tahap I, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Palembang di angka 46 persen. Sedangkan vaksin tahap II di angka 22,6 persen. Dari data tersebut terjadi selisih angka setengahnya untuk tahap II. Karena itu, dengan adanya vaksin massal yang diadakan pihak swasta ini  cukup membantu peningkatan persentase angka vaksinasi Covid-19.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk vaksin. Dengan vaksin adalah salah satu cara untuk mengurangi jumlah yang terkonfirmasi positif Covid-19. Meskipun sudah melandai dan berada di level 2, namun masyarakat diimbau untuk tetap disiplin menerapkan prokes. ‘’Sekali saya mengimbau masyarakat untuk vaksin karena vaksin itu sehat dan aman,’’ imbaunya lagi.

Sementara itu, Ketua JMSI Sumsel, Agus Harizal mengatakan, program 1.000 vaksin ini terlaksana atas kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Paguyuban Sinar Mas, Keluarga Rimbawan dan Pemkot Palembang, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Menurut Pimpinan Redaksi Harian Umum Suara Nusantara ini, program 1.000 vaksin ini juga merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap program Pemerintah Kota Palembang yang sedang gencar-gencarnya menyerukan vaksinasi bagi masyarakat.

‘’Terima kasih kami ucapkan atas kerja sama dan dukungan penuh dari Pemerintah Kota Palembang hingga vaksinasi ini berjalan dengan sukses. Semoga vaksinasi massal ini dapat mempercepat program vaksinasi bagi masyarakat, khususnya bagi warga Kota Palembang,’’ katanya.

Sedangkan Ketua Paguyuban Sinar Mas, Iwas Setiawan mengungkapkan, vaksin tahap ke-2 dilaksanakan secara tertib dan lancar, dengan tetap mengedepankan prokes. Dalam pelaksanaanya dibagi secara bertahap seperti untuk kedatangan peserta diatur per jam, sehingga tidak terjadi penumpukan dan antrean panjang.

‘’Kita atur sedemikian rupa, sehingga peserta tidak perlu menunggu lama saat divaksin. Untuk target sama seperti tahap ke-1 yaitu 1.000 peserta. Bila ada masyarakat umum yang vaksin juga dipersilakan setelah peserta yang terdaftar sudah divaksin semua,’’ katanya.

Bagi peserta yang sudah vaksin, lanjutnya, mendapatkan cinderamata berupa 5 buah bibit pohon. Mulai dari pohon salam, pohon jambu, pohon sirsak hingga pohon pelindung, ketapang mini. Selain itu, bagi Puskesmas-Puskesmas diserahkan juga bantuan APD dan masker.

Vaksinasi massal dosis ke-2 ini melibatkan tujuh Puskesmas yang bertindak sebagai vaksinator yakni Puskesmas Ariodillah, Sosial, Sekip, Alang-alang Lebar, Sukarame, Sei Selayur dan Kemuning.(Sid/jmsi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here